Perhitungan Waktu Tempuh Jadi Solusi Jitu

Perhitungan waktu yang salah, sering menjadi sumber malapetaka bagi biker. Wajarlah jika ketepatan waktu berkendara sedikit banyak mempengaruhi dan memegang peranan penting keselamatan dan kenyamanan perjalanan para biker. Pasalnya perhitungan waktu perjalanan akan mempengaruhi perilaku berkendara biker yang berimbas pada keselamatan si pengendara itu sendiri.

Bro en Sis tentu sering ngalamin naik motor ngebut gak karuan karena waktunya mepet atau hampir terlambat. Nah saat seperti ini lah potensi bahaya mengintai. Biasanya kalau lagi mengahadapi kondisi seperti ini, tangan kanan rasanya tak mau mengendurkan tarikan gas, yang ada salip kanan salip kiri sambil ngebut.

Itu kalau kondisi jalannya lancar, bagaimana kalau kondisi jalan sedang macet? Bukankah akan menimbulkan rasa emosi? Kalau sudah emosi, bisa bahaya. “Celaka 12 kata sang legenda betawi Bang Ben.”

Perjalanan yang tergesa-gesa sangat berpotensi menimbulkan bahaya, bukan hanya bagi biker itu sendiri, tapi juga pengguna jalan lain.

Ada baiknya saat melakukan perjalan kita lebihkan waktu tempuh minimal 15 menit dari waktu tempuh yang sesungguhnya. Semisal jarak anda dari rumah ke kantor biasa di tempuh dalam waktu 20 menit, kita tambahkan atau percepat waktu perjalanan 15 menit lebih awal. Atau asumsikan waktu tempuh anda menjadi 35 menit.

Dengan melakukan hal seperti ini, perjalan akan menjadi lebih nyaman. Terlebih jika hal-hal yang tak diinginkan terjadi ditengah perjalanan, seperti ban kempes atau ada demo yang kerap terjadi, kita masih punya cadangan waktu untuk mencari pompa angin terdekat atau jalur alternatif lain.

Perjalanan yang ditempuh dengan nyaman, tentu akan meningkatkan konsentrasi berkendara. Dengan tingkat konsentrasi yang tinggi, tentunya kita telah meminimalisasi salah satu potensi kecelakaan.

Apabila jarak yang ditempuh lumayan jauh, upayakan istirahat sejenak setiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya rasa letih yang berlebihan yang juga berpotensi mengurangi tingkat konsentrasi biker.

Jadi, perhitungan jarak dan waktu tempuh bisa dijadikan solusi jitu untuk mengindari potensi kecelakaan dalam perjalanan anda.

About these ads

About Jayadi .
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,066 other followers

%d bloggers like this: