Intip Teknologi Mio J Yang Bikin Irit dan Responsif

ImageSetelah perjalanan Mio J It’s Magic Touring Jogjakarta-Bandung, para perserta yang merupakan wartawan, blogger dan komunitas Yamaha bisa merasakan akselerasi, performa, handling dan konsumsi bahan bakarnya.

Mayoritas dari para peserta mendapatkan pengamalan berkendara yang berbeda bersama Mio J. Dirasakan Mio J lebih responsif, handling stabil dan lincah, posisi berkendara nyaman dan bahan bakar efisien. Dari perhitungan manual tim penyelenggara touring, didapat konsumsi bbm paling irit Mio J mencapai 70 km/liter bbm sementara paling borosnya 53 km/liter bbm.

Kata pihak Yamaha, hal itu diakibatkan oleh teknologi terkini yang disematkan pada skutik Mio J.

Selain Sistem suplai bahan bakar YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi Mio J seperti DiASil Cylinder & Forged Piston. Dengan aplikasi teknologi itu, dikatakan Yamaha, menjadikan jantung pacu Mio J lebih handal, awet , tahan lama.

Selain itu, para tenaga ahli Yamaha juga mengaplikasikan “Low Friction Engine Technology”, artinya struktur mesin Mio J memiliki daya gesek yang rendah sehingga efek panas pada mesin menjadi lebih rendah dan konsumsi bbm nya lebih irit karena suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Teknologi itu diaplikasi pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing Khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah. Tak hanya itu saja, system pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

Itulah alasan Yamaha memilih kata It’s Magic pada Mio J sebagai gambaran paduan kehandalan performa dan efisiensi pada Mio J.  Dengan mengaplikasi teknology YMJET-FI, Diasil Cylinder, Forged Piston & Low Friction Engine Technology, menjadikan Mio J sebagai motor matic pertama yang memiliki segalanya.

Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) menjadi garansi kehandalan kualitas produk-produk motor Yamaha. Bekerja secara pintar untuk menghasilkan tenaga yang maksimal namun sangat irit bbm dan ramah lingkungan.

Yamaha menjelaskan, YMJET-FI memiliki kelebihan terutama pada sektor akselerasi dan tenaga mesin yang cukup mumpuni, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Ketiga kelebihan FI ala Yamaha itulah yang membuat produsen berlogo garpu tala ini menyatakan kesiapannya menyongsong era FI.

“Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan” jelas Abidin, Assistant GM Service Yamaha Indonesia.

Menurut Abidin, YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin lebih akurat,  sesuai dengan kebutuhan mesin.

(Electronic Control Unit) yang mendapat informasi dari sensor –sensor di mesin, seperti TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, Crank Angle Sensor, selalu merespon dengan memberikan instruksi yang akurat kepada injector untuk memberikan suplai bbm yang pas.

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI ini, terletak pada posisi injektornya yang mengarah langsung ke ruang bakar sehingga tidak ada hambatan alirannya & Air Assist Passage (Jalur udara khusus pada system YMJET FI), diarahkan mensupply udara secara cepat dan menciptakan effect turbulensi yang membuat campuran bbm dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

About these ads

About Jayadi .
Motivator Diri Sendiri

One Response to Intip Teknologi Mio J Yang Bikin Irit dan Responsif

  1. z1rider says:

    Permisi mas, boleh pinjam foto Mio J di atas ? Makasih sebelumnya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,065 other followers

%d bloggers like this: