1 April 2010 Wajib Helm SNI Diberlakukan

Helm SNI

Wajib helm ber SNI akan segera dilaksanakan pada 1 April besok. Peraturan ini bukan hanya ditujukan kepada para bikers dan boncenger semata, namun mereka yang membawa kendaraan roda empat atau mobil tanpa rumah-rumah atau tanpa atap kabin (biasanya mobil yang masih dalam proses perakitan bodi) pun diwajibkan menggunakan helm SNI.

Seperti ditentukan dalam undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 106 ayat 8. Bagi yang melanggar peraturan ini akan dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda sebesar Rp 250.000.

Salah satu tujuan dari penetapan dan pelaksanakan peraturan yang tertuang dalam undang-undang No. 22 tahun 2009 ini merujuk pada usaha meminimalisasi dampak kecelakaan sepeda motor, terutama pada bagian kepala.

Merujuk pada peraturan ini juga mewajibkan perusahaan dan importir yang memproduksi dan memperdagangkan helm di dalam negri untuk memenuhi persyaratan SNI. Helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia bebarti telah memenuhi persyaratan material dan konstruksi serta lolos berbagai pengujian.

Helm SNI

Ya, semua ini demi keselamatan para pengendara motor yang memiliki potensi kecelakaan paling besar dan untuk menghindari cidera kepala lebih parah yang berdampak pada kematian. Hingga saat ini angka kecelakaan yang dan kematian karena kecelakaan di jalan raya masih sangat memperihatinkan, karena jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Namun kenyataannya, pemberlakukan Standar Nasional Indonesia masih menjadi perdebatan di masyarakat yang mengarah pada bagaimana dengan helm yang sudah ada tanpa emboss logo SNI dan hanya tertera logo DOT, JIS atau Snell. Apakah helm ini akan dilenyapkan?

Seperti dikutip dari tabloid Motor Plus edisi 17-23 maret 2010, pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Eddy H. Gurning, mengatakan “Pemerintah wajib menyediakan lembaga atau institusi yang bisa memberikan legalitas kepada helm yang dibeli sebelum aturan SNI diberlakukan.”

Logo SNI

Senada dengan pengacara Eddy H. Gurning, Pengurus IMI DKI bidang Wisata Mobil dan Motor, Supriyono, saat berjumpa dengan wartawan GilaMotor.com mengatakan, “Pemerintah harus mempunyai suatu cara agar masyarakat yang memiliki helm tanpa embos SNI tetap bisa digunakan dengan menyediakan badan atau lembaga atau apapun dari pemerintah yang mensyakan helm yang tidak berembos SNI tapi layak digunakan yang tentunya dengan proses tertentu. Hal ini bertukuan untuk memberi rasa keadilan kepada para produsen helm dan masyarakat yang rasanya cukup lumayan bahkan berat untuk sebagian kalangan mengeluarkan uang sekian ratus ribu untuk mengganti helm nya” jelasnya.

“Namun biar bagaimanapun penggunaan helm dengan SNI wajib dilaksanakan mengingat program ini juga untuk meminimalisasi dampak kecelakaan yang berdampak fatal pada kelapa pengendara,” tambahnya.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

3 Responses to 1 April 2010 Wajib Helm SNI Diberlakukan

  1. Budi says:

    Kalo Helm Helm yang dipakai para polisi udah SNI blum yah? trus yg razia polisi ga pakai helm SNI siapa…????

    • Go Jay says:

      Hahahaha.. Pertanyaan yang bagus.. tapi sayangnya ane belum punya jawaban yang bagus tentang siapa yang merazia polisi yang gak pakai helm sni…

  2. giat hendriana says:

    helm god all

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: