Maksimalkan Kinerja Per Kopling Satria F-150

Banyak per kopling racing yang beredar dipasaran dan biasanya produk tersebut menjadi incaran para bikers yang kurang puas dengan respon mesin motor mereka saat perpindahan gigi. Namun menurut Didi Nurhadi dari bengkel D2M Hasil Kebon di Jl. Kapin No.1 Kalimalang Jakarta-Timur, kinerja per kopling standar bisa dimaksimalkan dan hasilnya tak jauh beda dengan yang racing.

“Sebenernya pake per kopling standar bawaan Satria F-150 juga bisa kinerjanya dibikin sama seperti per kopling racing,” jelas Didi.

Terus gimana caranya biar per kopling standar bisa kayak per kopling racing?

Untuk hal ini, Didi punya cara tersendiri biar tuh per kopling standar bisa kayak per kopling racing. Yang dilakukan adalah dengan menambahkan ring setebal 4.5 mm pada lubang per koplingnya. Dengan langkah ini menjadikan motor lebih responsive terutama saat perpindahan gigi. Menurut Didi, saat tuas kopling ditarik tetap terasa enteng tapi baliknya akan lebih cepat.

Hal senada juga diungkapkan Lusep Sugiharto, kepala mekanik bengkel modifikasi Kahanan Motor di Jl. Jagakarsa No.51 Jakarta Selatan. Menurutnya kalau dengan sistem penambahan ring pada lubang per kopling, motor akan terasa lebih responsive karena bisa meminimalisasi gejala slip pada kopling yang diakibatkan dari tekanan per yang bekerja lebih kuat dan cepat.

Namun menurut Lusep ada hal yang harus diperhatikan bagi biker yang berencana memasang sendiri ring tersebut, “Yang harus diperhatikan adalah jarak maksimal kerja pegas saat menerima beban untuk menentukan ketebalan kopling. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan kopling yang terus menerus karena salah memperhitungkan ukuran,” pungkasnya.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

8 Responses to Maksimalkan Kinerja Per Kopling Satria F-150

  1. Bryan Satria says:

    Mau dunk gan…
    Hahay…

  2. bagus says:

    mas aku nih …mau tau ring ukuran berapa yg bs di pake buat ganjal per kopling satria f-150…….

  3. nelly says:

    yeee keren

  4. agus says:

    kk rantai satria f-150 gampang kendor knapanya

    • Zul says:

      rantai keteng ato roda, Bro Agus ?

      kalo rantai keteng biasanya untuk FU yang belum lebih dari 1 tahun, baut2 pada dudukan yang mengunci noken as pada kendor, baut2 itu mesti dikencengin, caranya buka cap silinder yang warna emas itu, trus dikencengin baut2nya, kejadian ini saya alami sendiri

      kalo rantai roda, biasanya baut as roda belakang dan mur penyetel rantai nguncinya kurang kencang, untuk FU memnag nguncinya memang harus agak lebih dikencangkan soale power motor ini terhitung gede

  5. Oky . says:

    Kra. Kra. Ganti plek. . Lingkar stria fu. . Brapa ew

  6. iMaem YRS Speedt says:

    peralatan apa saja yang di gunakan untuk motor satria agar cc nya naik menjadi 180cc yang semula hanya 150cc

  7. taufik ardiansyah says:

    om gmana klo motor grand yg sudah di pasang kopling terus mau di tambahin ring pada per koplingya apa pengngaruhnya????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: