Yamaha Xeon : Gak Sekedar Ganti Baju


Hadir dan menyaksikan langsung prosesi peluncuran Yamaha Xeon di X2 Plaza Senayan (30/4), cukup membuat ane terkagum-kagum lantaran prosesi yang dilakukan sangat berbada dari prosesi-prosesi launching yang pernah dilakukan pabrikan motor lainya.

Yamaha memanfaatkan koneksi satelit untuk video streaming dari Surabaya dan Bali. Pasalnya peluncuran generasi skuter matik Yamaha ini dilakukan secara serentak dari tiga kota itu. *Jadi inget waktu masih kerja di salah satu stasiun tv swasta Jakarta.

Presiden Direktur PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti mengatakan, “Kalau sebelumnya bolehlah dikatakan hanya ganti kostum saja, sementara mesinnya masih mengaplikasi mesin yang lama, contohnya varian-varian Yamaha Mio. Begitu juga yang dilakukan kompetitor-kompetitor Yamaha, dan itu hal biasa di industri sepeda motor. Tapi untuk Xeon ini benar-benar baru, mulai dari kostum hingga mesinnya,” jelas Dyinisius.

Selain bicara masalah kostum dan mesin yang benar-benar baru, Dyinisius juga bilang kalau Xeon ini adalah matik tercepat dikelasnya karena telah mengaplikasi teknologi balap seperti DiASil Cylinder yang kuat. Jadi penasaran, bener gak apa yang diungkapin pak Presdir Yamaha. (Ngarep di pinjemin Unit Test Ridenye)🙂

Karena itulah Yamaha berani memberi garansi mesin Xeon ini hingga lima tahun, bro.

“Aplikasi teknologi balap ini telah teruji dan benar-benar kuat. Dari hasil uji coba, kami tak menemukan cacat atau masalah sedikitpun pada silinder dan piston Yamaha Xeon, karena itu kami berani memberi garansi hingga lima tahun.”

Dengan mesin 125 cc yang tenaganya diklaim Yamaha naik hingga 20 persen dari generasi skuter matik sebelumnya, konsumsi bbm nya juga tak berbeda dari generasi skutik terdahulunya atau seri Mio. Mengenai hal ini Yamaha menjelaskan karena penggunaan material yang berkualitas tinggi hingga mengurangi friksi serta pengaplikasian teknologi baru.

Dengan bandrol harga Rp 15.500.000, Xeon hadir dengan lima pilihan warna, Biru, Putih, Hitam, Hijau dan Merah.

SPESIFIKASI YAMAHA XEON
Mesin : 4 Langkah 2 Katup SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Silinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder : 124 cc
Diameter x Langkah : 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1
Daya Maksimum : 8.05 kW @8500 rpm
Torsi Maksimum : 10.10 Nm @7000 rpm
Sistem Starter : Kick dan Elektrik Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter ( penggantian berkala : 0.8 liter )
Sistem Bahan Bakar : Karburator MIKUNI BS26 x 1
Tipe Kopling : Kering, Kopling Sentrifugal
Tipe Transmisi : V-belt Otomatis
Pola Pengoprasian Transmisi : CVT Otomatis
Sistem Pengapian : DC CDI
Baterai : YTZ5S (MF Battery)
Tipe Busi : CR7E
Rangka : Pipa Baja
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Suspensi Tunggal
Ban Depan : 70/90-14M/C 38P
Ban Belakang : 90/80-14M/C 44P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Kapasitas Tangki : 4.1 liter
Berat Isi : 103 kg
P x L x T : 1.850 x 685 x 1.050

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: