Review TVS Apache RTR 160 RD RG Part I : Disain Dan Tampilan

Wahh, gak terasa udah seminggu jalan bareng Apache RTR 160 sejak dateng ke markas rebornes.wordpress.com di bilangan Duren Tiga, Jakarta- Selatan, Jum’at 7 Mei 2010 kemarin.

Ok bro, yuk kita mulai nelanjangin jagoan dari India yang namanya memang sedikit tertutup selimut nama besar brand-brand motor sport dari Jepang.

Sebagai brand yang namanya tak sebesar motor-motor merek Jepang, TVS memang harus memberi nilai lebih dan lebih pada produknya untuk bisa berada dicelah-celah himpitan raksasa motor Jepang. Untuk menyamakan atau paling tidak berada satu tingkat dibawah mereka dalam masalah penjualan.

Ya, perjalanan TVS masih sangat panjang untuk mengangkat selimut itu. Wajarlah demikian, karena keberadaan TVS di pasar otomotif tanah air bisa dibilang baru seumur jagung. Sementara Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki sedah hadir sejak buyut, kekek, nenek, oma, opa kita masih kecil. Wajar ajalah kalo tuh pabrikan Jepang lebih mengakar di hati masyarakat Indonesia.

Bersama Apache RTR 160, TVS mencoba merayu konsumen motor sport tanah air melalui disain, teknologi dan kekuatan mesinnya.

Ngomongin masalah disainya, TVS Apache RTR 160 ini gak kalah sama yang lain, bahkan boleh dibilang banyak yang ditawarkan RTR 160 ke konsumen, Disain yang psorti, dinamis dan modern.

Waktu nyemplak motor ini, aura sporti yang terlihat menjadi sangat terasa. Perpaduan aplikasi stang jepit yang sedikit rendah dengan posisi dan disain footstep bergaya motor sport ber cc besar, bikin riding makin menyenangkan.

Posisi duduk yang ergonomis mampu memberikan kenyamanan berkendara termasuk untuk perjalanan jauh. Mungkin akan sedikit lebih enak jika posisi foot step sedikit dimundurin biar posisinya enggak nanggung. (Posisi badan dan tangan udah bergaya ala Rossi, tapi kaki sedikit berasa naik rx-king).

Berada diatas jagoan dari perusahaan asal India yang sudah hadir sejak 99 tahun silam, (gilee.. ampir seabad umur nih perusahaan, wajar aja TVS Apache ini berasa sedep di tunggangin dan diajak ngacir). Bikers langsung dihadapkan dengan tampilan combination meters yang keren pada kockpit RTR 160. Posisi nya memudahkan biker untuk memantau kecepatan, jam/waktu, putaran mesin, indikator service berkala dan lainnya.

Udah gitu, disain spion yang lumayan besar dan selaras banget dengan bodinya yang kekar, sporti, stylish dan modern, bikin mantau jalan dibelakang jadi lebih enak, gak perlu menggeser bola mata jauh-jauh, cukup sedikit lirikan, udah keliatan dengan jelas tuh lalulintas dibelakang hingga memberi rasa aman saat berpindah jalur ke kiri dan ke kanan.

Penambahan air scoop pada tangki, membuat tampilan motor ini makin berotot dan sporti. Pihak TVS nampaknya tahu betul bagaimana membuat motor dengan tingkat aerodinamis yang tinggi guna memanjakan mereka para penggila kecepatan.

Head lampnya yang besar mampu memberikan penerangan yang maksimal saat perjalanan malam hari. high beam dan low beam nya (namanya sama gak yah dengan di mobil) cukup membentu memberikan peringatan dini pada pengendara lain didepan saat akan melewatinya. Begitu juga saat berada di tikungan, jadi tak perlu menggunakan klakson (takut ditimpuk warga karena suaranya nyaring dan mantepss bgt).

Ok Bro.. kita tengok buritannya yuk. Perpaduan kombination lamp yang modern berpadu dengan behel seperti tanduk dan penempatan lampu sign dengan bentuk yang proporsional serta spatboard yang modern, RTR 160 ini cukup menggoda mata orang sekitar nya.

(Jujur, sempat jadi pusat perhatian gara-gara naik si black RTR 160 ini. Saat berjalan pelan, terdengar sanjungan masyarakat pada RTR 160 ini. Sempet berasa Gee Eer juga seh.. tapi sayang, bukan motor milik pribadi tapi motor pinjeman.. *nyolek Bu Mieke, minta harga dan cicilan khusus.)

Bicara masalah pipa gas buang, rasanya udah gak perlu dibicarakan lagi. Disainnya udah pas dan plek bgt nempel di situ. Pengaplikasian velg palang pada roda depan dan belakang, bikin keliatan sporti banget.

Secara keseluruhan, disain dan tampilan Apache RTR 160 ini dapet acungan dua jempol. Terlebih balutan cat hitam glossy dengan striping minimalis layaknya warna yang diaplikasi sebuah mobil Ferrari.

Segitu aja dulu bro.. masalah performa dilanjut next episode yah.. semoga bermanfaat.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

17 Responses to Review TVS Apache RTR 160 RD RG Part I : Disain Dan Tampilan

  1. zaqlutv says:

    weehh.. warna black kayaknya keren tuh, tuker donk ma redmacho gw..
    :mrgreen:

  2. Go Jay says:

    Warna hitam terlihat lebih elegan bro.. keren.

  3. zaqlutv says:

    dah ambil aja tuh si black, buat harian enak kok, santai bisa ngebut bisa, cuma berhubung bobot aye 80kg, jadi ga bisa lebih dari 110kmph, dah nangis2 tuh motor..:mrgreen:
    btw cara masukin gambar di komen piye Bang Jay?😮’on mode on:

  4. mantap! mudah2an gw dapat kesempatan riding Apache buat meng-explore wisata Minahasa-Sulut..🙂

  5. Gojay says:

    Bro Zaqlutv : ada niatan sih.. makanya nyolek PR Corporatenye.. siapa tahu dapet harga khusus.. hehehe *Ngarep Mode On.

    Om Stephen : Thanks Om.. wah asyik juga tuh.. ngiiikuuutttt yaahh.. Pengen jalan-jalan pake RTR ke Tondano, Boulevard, Lokon Tomohon.. dll..🙂

  6. dwee says:

    hitam gahar! kalo gw hitam manis! 😛

  7. Go Jay says:

    Jiaaahhhh… hitam manis.. kereta api digulain kaleee… *kaboooorrrr

  8. zaqlutv says:

    hitam memang elegan, tapi redmacho gw lebih kinclong, cling..cling..
    dan yang pasti punya sendiri :-p

    *jurus menghilang: whuss…

  9. Gojay says:

    Iya sih.. yang merah lebih macho.. keren..

    *ngalah gara-gara kalimat ente yang “dan yang pasti punya sendiri”.. xixixixi

  10. zaqlutv says:

    jiaaahhahahahaaa…:mrgreen:
    pis dah bro…😉

    zaki

  11. Gojay says:

    sip.sip.sip.. Ipin Upin Mode : On

  12. blognyamitra says:

    wah ada yg kurang nih fotonya, fotonya bang Jayadi pas lg naikin tuh motor belum ada🙂

  13. Go Jay says:

    waduh.. lupa..lupa..lupa…

    gak inget buat bernarsis ria… ada malah lagi ngebut pake helm.. next bisa lebih narsis ahh..

  14. galih says:

    ni bru mntor!!!!!!!!

  15. Tanto Apache says:

    Review TVS nya bikin gue keracunan…..akhirnya gue beli,sekarang dah sebulan,tapi sampai hari ini plat nomer belum keluar….katanya sich sebulan

    Hanya satu kata ” Muantappppppp”

  16. tarcus says:

    maen2 ke http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6151391 kk..
    biar rame tuh trit, bisa sharing2an.. from cyber to brotherhood

  17. stya says:

    low ane liat dari air scoop, bodi belakang, behel, ama desain stop lampnya kayak honda tiger revo yak????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: