Siapa Yang Akan Tumbuh Besar, TVS Atau Minerva?

PT TVS Motor Company Indonesia sangat yakin bahwa dirinya kelak akan menjadi besar dan bahkan sangat besar. Keyakinan ini dihadirkan TVS dalam wujud penanaman investasi mereka di Indonesia yang mencapai Rp 100 miliar. 100 juta US Dollar.

Bahkan kedepan, investasi ini juga akan terus ditingkatkan yang sejalan dengan target mereka untuk emproduksi 1 juta unit motor TVS per tahun.

Jika strategi dan promosi yang dilakukan TVS mampu menohok pasar otomotif Indonesia yang diibaratkan TVS sebagai sosok gadis yang cantik nan molek, boleh jadi TVS akan mempu menjadi sangat besar. Pasalnya, bicara masalah kualitas produk mereka juga tak buruk, bahkan boleh dikatakan bagus.

Tinggal bagai mana TVS dan induk semangnya di India mengarahkan sang bayi yang beru berusia 3 tahun ini, mampu tumbuh besar diantara raksasa otomotif di Indonesia.

Yang menarik, pabrikan motor Minerva juga semakin percaya diri. Dalam waktu bersamaan, Minerva Indonesia langsung menghadirkan motor sport 250 cc dari jajaran keluarga Megelli 250. Bukan satu atau dua, tapi empat varian sekaligus. Megelli 250RE, Megelli 250RV Megelli 250SE dan Megelli 250ME.

Selain empat varian dari keluarga Megelli 250, MMI juga akan menghadirkan motor sport ber cc besar, Fischer 650 MRX. Disegmen motor besar ini, MMI coba mengambil celah pasar dengan menawarkan produk dengan harga yang lumayan murah untuk motor dikelas 650 cc.

Tak berhenti sampai disitu, MMI juga akan menghadirkan skuter retro berbasis skuter asal eropa, Benelli Pepe.

Terlihat kepercayaan diri MMI sangat tinggi, kendati banyak kalangan masih meragukan kualitas dan durabilitas produknya.

Jika diperhatikan, masyarakat Indonesia kini sudah tak perduli lagi dengan status masa lalu produk Minerva yang dilinai sebagai copy cat dari produk Jepang. Pasalnya, semenjak motor sport di kelas 150 cc, Minerva Sachs R 150VX diluncurkan, motor ini diklaim MMI cukup mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Kendati sebagian kalangan bikers masih meragukan perubahan yang diusung motor ini. Terutama di sektor kualitas dan durabilitas mesinnya.

Disinilah kejelian MMI dalam memanjakan konsumen harus diberdayakan. Mengapa?

Pertama… Masyarakat sudah tak terlalu memperdulikan status masa lalu Minerva sebagai produk copycat. Kedua… Kebanyakan Masyarakat Indonesia lebih memilih disain, untuk urusan mesin menjadi no dua meski ada sebagian yang lebih mengutamakan kualitas dan durabilitas mesinnya.

Jika sejak awal MMI sudah melakukan hal no dua, tak menutup kemungkinan Minerva akan menjadi momok yang menakutkan bagi raksasa otomotif Jepang yang sudah puluhan tahun bercokol di tanah air.

Atau kedepannya MMI akan menghadirkan produk mereka dengan peningkatan yang lebih signifikan di sektor kualitas dan durabilitas mesinnya tampa mengurangi sentuhan disain yang modern dan atraktif, bukan mustahil Minerva akan menjadi pilihan utama masyarakat.

Dengan kondisi yang sekarang saja produk Minerva sudah disambut baik, apalagi jika produk mereka mampu bersaing dengan produk Jepang dalam urusan durabilitas mesinnya… Apa yang ada dalam pikiran Bro en Sis jika hal ini terjadi..?

silahkan tinggalkan pendapat anda dalam kolam kontar..

Semoga bermanfaat.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

14 Responses to Siapa Yang Akan Tumbuh Besar, TVS Atau Minerva?

  1. arantan says:

    Kalo secara teori branding… trustworthy, dependable etc. Harusnya TVS yang bakal unggul.

    Sekarang pun kalau dari jumlah unit rasa-rasanya TVS memang sudah unggul, dan akan semakin unggul.

    Nggak sebanding juga kalau ngebandingin TVS dengan Minerva lah

  2. triatmono says:

    Lho kok Rp. 100 milyar… ??? Lha wong investasi awal USD 50 jeti alias Rp. 500 milyar… dan meningkat menjadi USD 100 jeti alias Rp. 1 triliun …😀

  3. Pringgo says:

    Kayaknya TVS deh yang kelihatan serius main di kualitas…
    apalagi pengen bikin pabriknya di krawang jadi mother base production untuk asia tenggara….

    Minerva (menurut saya) agak kurang kualitasnya dibanding TVS (terlepas dari design, jenis, dan type yang diproduksinya).

    Coba minerva dipoles lagi… mungkin bisa setara dengan TVS

  4. Go Jay says:

    Upss.. Terimakasih Mas Tri..

    Om Arantan : Hehehehe.. sengaja Om, ente pasti tahu lah maksudnya.. :))

  5. Maskur says:

    mungkin dua pabrikan ini akan bersaing namun tidak head to head. TVS menyerang merk lain yang sudah mapan, minerva berjalan sebagai produk alternatif

  6. yoo…mantab nih pabrikan2…yang penting bebeknya TVS jangan di anak emaskan..

    Bajaj sama Minerva terbukti bisa sukses tanpa bebek, masa TVS gak bisa???

    apa iya hasil survey motor idaman yg dilakukan TVS itu hasilnya bebek lagi bebek lagi???

    itu kan karena masyarakat Indonesia udah keracunan bebek sejak lama..

    coba TVS main cantik buat improvisasi bahwa motor batangan adalah motor yg irit dan serbaguna..pasti sedikit2 pandangan masyarakat berubah.

    amin!

  7. zaqlutv says:

    dari segi kualitas jelas lebih bagus tvs, hanya saja minerva unggul secara komunitas, sedang tvs masi sedikit komunitasnya.
    kalau tvs mau lebih eksis dalam pengenalan dan pemasaran ke masyarakat, mungkin bisa lebih maju. saat ini pengenalan dan pemasarannya masi kurang kalo menurut saya. sehingga masyarakat byk yang mengira tvs adalah motor mocin.
    untuk keiritan bbm, produk motor batangan tvs sudah tergolong irit dikelasnya. ya tinggal gimana caranya merangkul konsumen lebih byk lagi..
    gitu sih menurut saya..

  8. blognyamitra says:

    Semua tergantung dari 3S (sales, service & sparepart). Kalo itu udah terpenuhi, dah pasti produk itu akan laku. Kita lihat aja nanti ke depannya.

  9. indihebanget says:

    kalo liat keseriusan tvs berinvestasi (dari ulasan sebelumnya sih),pasti tvs.
    apa minerva punya pabrik? jangan2 cuma dagang
    dan gak serius ngurusin spareparts dan pelayanan konsumennya? waakakakakakkk

  10. jahe says:

    hmm tetap pegang TVS lah, karena Minerva sejak awal udah bikin motor copycat, trus diberbagai forum jg produknya banyak masalah katanya😀 hehhe

  11. segleng says:

    tvs… modal lebih gede tapi model aneh (apache)

  12. Romadhon Hanafi says:

    Secara kualitas sih, bagusan TVS, tapi secara desain, emang minerva lebih unggul. Kalau TVS bisa meningkatkan nilai desain, mungkin TVS bisa jadi mengungguli minerva.

  13. baru 1 bulan aja aku pake minerva gaknyaman banget.mesin mudah panas dan suaranya jdy berisik rasanya waktu naik seperti naik gerobak. bahan bakar boros,motor sering ngadat dgn sendirinya mungkin tidak tahan panas,padahal baru berjalan 30menitan,mesin didinginkan dulu stlh itu baru bisa nyala lagi.pokoknya minerva 250cc body mantaf tapi mesin mending mesinjahit deh,

  14. idiot says:

    wkwkwkwkwkwk minerva motor apa gerobak sampah,,,, mendingan bikin motor roda tiga buat angkat aqua galon atau grobak sayur
    saya dukung tvs karna pake tvs apache 180 mantappppppppppppp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: