Komunitas Adalah Segalanya Part II : “Blogger Masih Berpengaruh”

Menyambung artikel sebelumnya (Komunitas Adalah Segalanya Part I) yang terbit karena ulasan dari situs The Marketeer bahwa media sosial seperti facebook, tweeter, blogger dan sebagainya, masih kurang ampuh.

“Sumber informasi dan rekomendasi nomor 1 yang dipercayai masyarakat konsumen adalah keluarganya sendiri. Ke-dua adalah teman-temannya. Ketimbang forum-forum diskusi online dan resensi produk online, bloggers masih kalah jauh dalam mendapatkan kepercayaan konsumen.”

Memang tak ada salahnya, namun menurut gw pribadi lebih besar salah nya dari pada benernya.

Beberapa tahun  lalu, aktivitas Blogging memang tak se-semarak sekarang. Namun kini, aktivitas Blogging menjadi salah satu gaya hidup sebagai sarana Show off dan menjual diri, branding diri, agar lebih terkenal. Atau hanya sekedar menumpahkan aspirasi atau pikiran kedalam sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh seluruh orang yang terhubung dengan jejaring Internet.

Bakan, masih teringat benar ketika salah seorang yang hobi dengan dunia Fashion, membuat sebuah Blog sebagai sarana penyalur hoby. Dalam blog tersebut banyak menceritakan seputar dunia Fashion baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain tulisan, beragam foto pun terpampang dalam isi blog.

Dan kini, blog tersebut menjadi salah satu dari sekian banyak Blog yang menjadi Blog layaknya portal komersil atau institusi. Bahkan blog tersebut menjadi blog yang juga menyediakan layanan e-commers. Mau tahu siapa blog dimaksud? (yang pasti bukan SL.com. Tapi gak menutup kemungkinan SL.com akan menjadi besar). Blog dimaksud adalah Fashionesedaily.com.

Ya. FD.com kini banyak didatangi kaum peselancar dunia maya untuk mencari infomasi dan medapatkan produk fashion yang merka cari.

Lupakan bagaimana perjalan  Fashionese Daily menjadi sebesar sekarang. Karena tentunya orang-orang profesional dibelakang layar-lah yang menjadikan FD.com seperti sekarang.

Kita langsung saja mengapa FD.com menjadi besar? Inilah yang harus dicari yang dipelajari dan tentunya tak akan mudah untuk mengamalkannya (kayak syiar agama aja pake mengamalkan).

Menurut gw pribadi, salah satu jawabannya adalah adanya kepercayaan dari para pembaca blog tersebut. Kenapa? Karena sang pemilik blog mampu menjadi Influencer yang baik bahkan sangat baik hingga mampu mempengaruhi mindset masyarakat.

Sedikit kilas balik ketika situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menggelegar dan memuntahkan virus-virus mematikan hingga ke penjuru dunia. Eksistensi Blog memang sempat menurun. Mengapa? Karena melalui Facebook dan Twitter, masyarakat sudah bisa menulis uneg-uneg, pikirannya kedalam suatu kaliamat hanya dengan 140 karekter. Ketimbang Blog yang harus berpanjang-panjang ria.

Namun ingatlah, popularitas Facebook dan Twitter rasanya tak akan bertahan layaknya Blog. Twitter hanya menyediakan secuil kalimat kendati dapat memamerkan ulasan yang padat, singkat dan berisi.

Ya. popularitas kedua jejaring sosial ini pasti ada masanya seperti situs pertemanan Friendster yang sekarang entah bagaimana keadaannya.

Lantas apa hubungannya Blog dengan kedua jejaring sosial ini?

Kedepan, Blog akan kembali dan bahkan lebih berjaya dari tahun-tahun sebelumnya. Karena melalui Blog, masyarakat dapat menuangkan apa yang dilihat dan dialaminya kedalam sebuah cerita atau berita.

Dan kedua jejaring sosial ini akan berubah fungsi pemanfaatannya sebagai pendamping Blog. Dari Blog, para Blogger akan menyebar luaskan tulisan mereka kepada khalayak ramai melalui dua jejaring sosial ini. Bahkan aktifitas ini sudah banyak dilakukan oleh beragam kalangan, baik bloggers, situs berita resmi seperti gilamotor.com atau perusahaan besar lainya.

Dimana penyebaran informasinya mampu menyebar secara sporadis hanya dalam hitungan detik saja. Tak perlu lagi menunggu banyaknya tulisan agar key word terbaca oleh embah google dan search engine, karena hal itu kelak akan terjadi dengan sendirinya seiring berjalan waktu dan penambahan artikel. Namun hanya dengan Copy Paste link dan tekan enter atau send, informasi yang ingin anda sebarkan langsung berterbangan kemanapun mereka mau melalui jejaring sosial media Facebook dan Twitter.

Belum lagi ada fasilitas ReTweet dimana link yang kita kirim ke Follower atau Following kita akan tersebar kembali kepada Follower yang mem-Follow kita. Seperti molukul yang membelah diri dan setiap belahannya kembali membelah dan seterusnya.

Mereka yang membaca tulisan dalam blog tersebut akan memgambil kesimpulan sendiri tenatang informasi baik tentang produk atau jasa. Dari sinilah virus-virus mulai merusak mind set pembaca yang akan terus mencari tahu tentang informasi terkait yang dikirim melalui Twitter atau Facebook.

Dari blog, dengan sendirinya akan terbentuk sebuah komunitas dimana sang Influencer atau penulis berhasil menyusupkan virus kepercayaan dan kepuasan dari tulisannya kepada pembaca.

Makin banyak orang kenal, tentu akan makin banyak pengguna terlebih jika produk dimaksud mampu memenuhi kebutuhan konsumennya. Atau dengan kata lain dengan kualitas yang baik.

Dari komunitas yang terbentuk secara organik di dalam kolam komen yang tersedia, beragam informasi akan saling bertukaran satu sama lain. Dan sang mencari informasi menemukan jawaban yang ia cari hingga suatu ketika sanak, saudara, kerabat atau siapapun yang bertanya tentang suatu produk atau jasa, rekomendasi yang akan diberikan adalah rekomendasi bersarkan informasi yang didapat dari Blog dan sharing di komen blog.

Walau tak sedikit jawaban yang diberikan kepada saudara, kerabat atau siapapun yang bertanya bukan hasil pengalaman pribadi, tapi dari hasil membaca dan sharing di Blog..

Jadi, Siapakah sesungguhnya yang paling berperan memberikan pengaruh?

Semoga bermanfaat.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

5 Responses to Komunitas Adalah Segalanya Part II : “Blogger Masih Berpengaruh”

  1. Taufik says:

    ooo gitu ya . . .
    waa..koq ada foto profil dibawah artikel . .. nice
    gimana caranya Bro?

  2. pertama theme ini ok banget, bersih. rasanya gw punya theme perlu di update seperti ini.

    kedua, sebuah perkembangan memang tak menutup kemungkinan bagi SL.com akan bermain di dunia fashion, entertainment, life-style, pokoknya dukung aja deh blog http://www.potretkota.com yg saat ini masih dalam tahap pengisian artikel/foto.

    ketiga, gw tetap dukung perkembangan blog.. ini pasti menjadi sumber yg dipercaya.. dimana setiap orang akan mencari info melalui blog, dan ujung2nya “pihak keluarga” sebenarnya mendapatkan informasi dan rekomendari yang dipercaya dari media blog.. nah itu dia tujuan gw.

    • Go Jay says:

      Caiyo Om.. Gw dukung rencana yang pernah lo bilang dulu..
      Gw yakin SL.com akan tumbuh besar dan lebih besar lagi..

      Maju Terus Terus Maju…

  3. Pingback: Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen « REBORNES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: