Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen

Belum lama rekan-rekan Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI) membahas masalah Sosial Media dan Blog bukanlah akhir dari sumber informasi untuk mengambil suatu keputusan. Hal ini membuat gw merasa gatal untuk membuat artikel tentang seberapa besar pengaruh Sosial Media dan Blog sebagai informasi akhir sebelum keputusan dijatuhkan.

Dengan data-data yang gw dapet tentang betapa pentingnya sebuah komunitas sebagai bagian dari promosi sebuah produk, serta penggunaan jejaring sosial sebagai media promosi, maka lahirlah dua Judul artikel di blog ini.

Artikel pertama berjudul Komunitas Adalah Segalanya Part I yang gw sambung dengan artikel kedua berjudul Komunitas Adalah Segalanya Part II “Blogger Masih Berpengaruh”.

Dari dua artikel itu berkembang lagi menjadi Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen.

Artikel pertama memang lebih mengangkat masalah betapa pentingnya menjaga komunitas sebagai bagian dari promosi sebuah brand. Sementara artikel kedua lebih mengulas pada besarnya pengaruh Sosial Media seperti Facebook dan Twitter serta Blog untuk dijadikan informasi akhir sebelum keputusan dijatuhkan.

Dan memang gak meleset. Apa yang gw tulis dalam artikel itu tentang betapa besarnya peranan Sosial Media dan Blog sebagai media pomosi dan penentu keputusan, ternyata memang demikian adanya.

Buktinya adalah dari hasil lembaga research ternama di Singapura Nielson Online Jepang.

Seperti dilansir AFP dan dikutip oleh Kompas Tekno bahwa Sosial Media punya pengaruh yang semakin kuat. Review dari media online menjadi referensi yang dipercaya setelah rekomendasi dari teman dan keluarga.

Charles Buchwalter, chairman dan chief executive Nielsen Online Jepang mengatakan, “Social media punya pengaruh yang semakin kuat untuk menentukan pilihan untuk berbelanja.”

KOMPAS TEKNO :
“Nilesen mencatat rata-rata tiga dari empat orang yang mengakses internet pernah mengunjungi layanan seperti jejaring sosial, mikrobloging, dan blog serta layanan lainnya. Mereka menghabiskan waktu di layanan social media rata-rata enam jam sebulan. Tiga situs paling populer yang paling banyak dikunjungi adalah Facebook, Wikipedia, dan YouTube.

Khususnya di kawasan Asia Pasifik tempat riset dilakukan, rekomendasi dari media-media online punya pengaruh paling besar pada keputusan orang membeli produk elektronik, kosmetik, mobil, dan makanan. “Social media sudah di depan mata dan harus diperhatiakn secara serius oleh komunitas bisnis yang lebih luas,” kata Megan Clarken, managing director bisnis online Nielsen Asia Pasifik.”

Inilah kekuatan Sosial Media dan Blog. Pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang, seolah menghilangkan batasan ruang dan waktu untuk menemukan sumber informasi.

Hampir setiap detik mereka dihadapkan dengan ratusan atau bahkan jutaan informasi yang tersebar dari belahan dunia. Bahkan fenomena ini mampu merubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Kapan pun dan Dimana pun, Sosial Media Menjadi Lebih Dari Segalanya.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

9 Responses to Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen

  1. zaqlutv says:

    tidak bisa dipungkiri bila seseorang hendak mencari informasi sesuatu tapi kadang sering bingung mau mencari kemana di dunia maya yang luas ini, dari pada nyasar akhirnya dia mengambil referensi dari blog yang menurut dia bisa menjadi acuan referensi.
    gaya bahasa juga pengaruh kali yak? pan kalo gaya bahasanya ga jelas walo infonya akurat ya ga bisa jadi referensi… kalleeeee…:mrgreen:

  2. zaqlutv says:

    perasaan aye ga komen kalo tulisan ente bahasanye ude meyakinkan gitu… 🙄

    sambilnyeruputtehlemon.co.cc

  3. zaqlutv says:

    baca koran hari ini sambil nunggu jam istirahat.

  4. zaqlutv says:

    😆😆😆 :mrgreen::mrgreen::mrgreen:

  5. Cupsslank says:

    Gx bisa dpungkiri, perkembangn informasi internet d jejaring sosial + blog mnjdi Referensi sblum mmbeli sbuah produk.
    Korban’y adalh sy, sy dulu sering brlangganan majalah/ tabloid mingguan + bulanan, tp stlh tw & bnyk brmunculan blog + portal otomotif d internet, sy skrng sudh tdak lg brlangganan.😀
    ada yg unik dr blog itu: 1. Informasi’y lbh cepat. 2. Komentar’y itu bro, aplg yg bakar2n. Xixi..
    Salam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: