Begajulan Bareng Byson

Bersamaan dengan gelaran Amazing Journey yang merupakan gelaran puncak prosesi peluncuran dua produk Yamaha, Byson dan New Scorpio, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) memberikan kesempatan kepada seluruh undangan untuk menjajal dua motor terbarunya di lautan pasir dan Savana, Bromo (25/9).

Kesempatan ini pun tak disia-siakan Rebornes, meski sangat disayangkan karena unit yang terbatas, Rebornes hanya bisa menjajal Byson di gurun pasir dan Savana dengan waktu yang singkat.

Setelah mencoba handling dan performa Byson di Sentul kecil, Bogor beberapa waktu lalu, menjajal Byson dimedan off road ternyata sangat menyenangkan. Motor sport yang disebut-sebut Yamaha sebagai The Lord of The Street ini juga tangguh diajak bermanuver di medan off road.

Sepertinya memang disinilah tempat yang tepat untuk menjajal kehandalan mesin, handling serta kinerja suspesi Byson, kesemuanya itu terasa nyaris sempurna.

Bahkan diajak bermanuver dalam kecepatan diatas 50 km/jam, sensasi pengendaraannya tak kalah dengan motorkros Yamaha TTR 125 yang juga disediakan YMKI untuk dicoba.

Penasaran dengan kondisi berkendara membawa penumpang atau boncenger, Rebornes coba membonceng rekan yang merupakan seorang wartawan. Dan hasilnya tak jauh berbeda dengan pengendaraan sendiri. Bahkan bonceger pun merasa tak terganggu dengan jalur rusak dan berpasir yang berhias gundukan.

“Ternyata nyaman juga yah naik Byson di jalan rusak seperti ini termasuk jadi boncenger,” celoteh M. Lulut dari oto.co.id.

Mendengar celoteh rekan yang dibonceng, gairah untuk mengajak Byson lebih kencang di jalan berundak-undak dan berpasir makin memuncah. Walhasil muncullah ide untuk begajulan di Bromo dengan Byson.

Menunggang motor dijalur rusak dengan motorkros memang mengasyikkan, namun melahap medan rusak dengan motor sport Byson sungguh memberikan sensasi tersendiri.

Selepas dari base camp di padang Savana Bromo, puntiran tuas gas tak berkurang dan bertahan di 50 km/jam. Namun memasuki jalur setapak dengan kondisi jalan yang lumayan cakep dengan penuh hiasan lubang, gundukan, pasir dan kubangan, menciutkan nyali untuk terus bertahan di 50 km/jam.

Pasalnya, Rebornes sendiri merasa ini bukanlah jalur si Byson. Karena itu gas sedikit di kendurkan dan bermain dikecepatan 20 sampai 40 km/jam.

Tapi makin panjang jejak ban terpampang di jalan rusak itu, birahi untuk menyetubuhi byson agar berlari lebih kencang pun muncul. Nafsu ini muncul setelah merasakan kenyamanan dan kestabilan Byson meski diajak berlari di jalan rusak berpasir. Gejala ban skip sangat minim terjadi.

Dari situlah Begajulan Bareng Byson dimulai.

Sekitar 1 km sebelum memasuki gurun pasir, Rebornes menghentikan Byson sejenak untuk memastikan dibelakang dan didepan memang tidak ada peserta lain. Dan tiba-tiba,,, Gruuuuuunnggggg… Gas pun sipuntir sekencang-kencangnya hingga menunjuk angka 35 km/jam di gir pertama. berlanjut ke gear dua dan berlanjut lagi ke gear 3.. Dan angka digital speedometer pun menunjuk angka 65 km/jam.

Memang sensasinya sangat berbeda. Kestabilan handling dan kenyamanan suspensinya sangat terasa. Terlebih saat sedikit diajak terbang saat melahap gundukan. Berasa lagi shooting film action,, hehehe..

Ukuran ban yang lebih lebar, memberi keuntungan yang sangat saat melewati jalur licin yang basah dan berpasir. Tapakan bannya membantu motor tetap berada dijalurnya.

Urusan konsumsi bahan-bakar, Rebornes gak bisa menghitungnya karena memang tak tersedia waktu dan lokasi yang tepat untuk menghitungnya. Bagi para penggila touring, berapapun konsumsi bbmnya, sepertinya bukan masalah yang terlalu penting ketimbang kenyamanan yang diberikan dari motor touring tunggangannya.

Motor berkapasitas mesin 153 cc dengan bandrol harga Rp 19,9 juta on the road Jakarta ini, ditargetkan akan terjual sebanyak 20 ribu unit hingga akhir tahun 2010.

Lantas bagaimana dengan New Mega Pro..? Sayang 1000 sayang.. Rebornes tidak mendapatkan kesempatan untuk menjajal Streetfighter berlambang sayap tunggal itu ke Bromo.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: