Review 1000 Km Pertama Byson

Genap sudah 1000 km jarak jelajah Byson Marun yang belum lama ane beli. Gak mau banyak cing-cong deh,, Pastinye ente nyang lagi kepengen beli atau nyang udah beli, atau bahkan nyang beli merek lain tapi pengen tau gimane rasennye diatas tuh Byson, neh ane review dikit.

Kenapa dikit? Karena jalannya juga baru dikit, baru 1000 kelometer.

Here we goo…!!!

Sebenernye masa pake ane baru 5000 500 km. 5000 500 km pertame ane anggap masa inreyen lahh, jadi makenye cuma sekedar jalan aje, nyang penting nyampe. Nah, lepas service gratis pertama di 5000 km, baru ane mulai memperlakukan si Byson layaknya sebuah motor.😀

Motor yang dikatakan YMKI bukan buat ngebut emang bener begitu adanya. Karena kalau mau ngebut naik mongtor Yamaha, beli aje V-Ixion kalo enggak Scorpio. Kalau buat gaya, mongtor ini sangat mendunkung 1000 persen penampilan deh. Udah pasti ente jadi pusat perhatian gak peduli seberepa jelek muke ente. hehhee, maaf yah, soalnya ene jelek.

Dari bocah-bocah ingusan sampe kakek-kakek kriputan. Dari anak perawan sampe nini-nini jompo, pasti pada melongoo. (Ini asli.. Bukan echooo.. Sumpe dehhh.. :D)

Selain itu, buat yang baru beranjak ke motor sport, dijamin nih motor nyaman abiss.. User friendly kalo kate bahase bulenye. Suarenye juga lembut dan tarikannya smooth..

Tapi buat yang biasa pake motor sport, atau bahkan bebek sport macem Satria FU 150, pasti akan menggerutu karena tenaganya tak segahar tampangnya. Akselerasinya sedikit kurang gesit, tapi tenagenye lumayan saat di putaran atas.

Kenape ane ngomong gitu? Padahal kan sebelumnya ane pake Supra Fit N, atau nyang biasa ane sebut si FifitN.? Soalnye dulu ane pernah pake motor legendaris nye Yamaha, RX-King. Tuh motor emang gile. Jadi kangen sama hentakan dan larinya RX-King. Ape lagi kalo udah sedikit di kilik, tinggal mainin gas biar suara kenalpot ngejerit pada minggir tuh motor di depan. hehhee.. tapi jangan di tiru yah, ntar disambit orang.

Ok.. Kembali ke laptop..

Posisi duduk dan pengendalian emang enak banget nih motor. Stang bapalang, lampu terang, ban lebar dan tengki besar, berasa bukan duduk diatas motor jepun. Mau diajak jalan siang atau malam, panas atau hujan, no problemo. Ban lebar nambah yakin cengraman ke aspal, tapi tetep kudu ati-ati. Kalo jalan malem, lampunye trang benderang, hi beam dan low beam nya juga wokehh,, ngebantu banget buat jalan malem.

Knalpot yang melingker-lingker kaye uler jadi salah satu penyebab nih motor jadi rada berat. Tapi saat di putaran 5000 rpm keatas, enak bener larinya. Wajar, karena ban lebar dan bobot nya yang lumayan berat bikin susah ngangkat dengan kondisi standarn pabrik. Tapi kalo udah lari diatas 40-50 km/jam,  mampu menciptakan gaya inersia yang pada akhirnya menambah laju si Byson.

Ane sempet tembus 110 km/jam di 7500 rpm. Meski masih bisa di bejek lagi, tapi ane rase itu cukup membuktikan kalo Byson hanya perlu sedikit sentuhan biar putaran bawahnya makin galak. Ane sendiri sekarang paling kenceng cuman 90 km/jam, itu pun langsung di turunin lagi. Ngeri kenceng-kenceng, takut aspal ame angkot naksir ane. Pan repot kalo sampe di cium aspal ame angkot.

Kalo di sirkut boleh lahh,, Gas poooll gaannn….

Ngatasin masalah akselerasi nya, mungkin Knalpot racing freeflow, cdi racing dual band nyang udah banyak banget di pasaran rasanya bisa membantu ngobatin kekurangan itu.

Tapi secara keseluruhan, okelaghh..

Bicara masalah kaki-kaki rasanya gak usah diomongin yah.. Dari Fork 41mm, terbesar dikelasnya. Dan mono cross di belakangnya Ane rasa Ente bisa menerawang yahh..

Segitu aje dulu yahh.. Lagi dedline nehhgg.. Semoga bermanfaat.

Tabee…

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

47 Responses to Review 1000 Km Pertama Byson

  1. Maskur says:

    kemarin dah nyoba. Emang kurang galak!

  2. nadi says:

    Nah, ini baru gaya tulisan yang sangat personal. Saya demen yang beginian. Kagak ngekor ame yang lain. Pertahankan gaya menulismu.:mrgreen:

  3. Go Jay says:

    Wehehehe… Pertahankan gaya tulisanmu.. Thank Om Nadhi..

  4. bodats says:

    itu 90 km/jam mentok, atau sisanya? *siul-siul sambil makan mendoan*

  5. blognyamitra says:

    Bro, inreyen itu untuk motor2 sekarang masih berlaku gak sih ??? pernah ngobrol2 ama mekanik bengkel Yamaha katanya motor2 sekarang gak perlu lagi inreyen karena teknologi pembuatan mesin sudah bagus misalnya dalam hal kepresisian komponen di dalam mesin. Berbeda dengan motor2 dulu, inreyen masih diperlukan.

    • GoJay says:

      Ada benernya juga sih.. Tapi ane sih ngikutin buku petunjukknya aja biar aman Xixixi..😀

      Lagian menurut ane, inreyen selain untuk adaptasi mesin juga buat adaptasi pengendara dengan motornya. Biar makin kenal karakternya… CMIIW.😀

  6. noFUN says:

    soal tampang emang paling TOP.. tapi efisiensi bahan bakar (irit), bisa ngebut, dll yg biasanya dikejar orang kebanyakan masih ada di kakaknya si Vixion..

    tapi secara personal, tetep paling demen ama tampang si Byson..

    btw, udah pernah pake byson nembus macet minimal 30 menit (yg cuma bisa jalan kurang dari 5kmph) belom? maksudnya untuk ngetes klo overheat kaya gimana..

    klo diriku ..
    – pake Mimin udah (Minerva 150R versi lama).. dan koplingan jadi kerass.. cuma mau gigi netral ama 1 doang.. butuh 1 menit di speed minimal 60kmph (butuh angin untuk dinginin oil cooler).. biar bisa lancar lagi..
    – pake Nere pernah (Skywave Night Rider 3).. dan santai aja tuh.. xixixi.. (i loph matic dah klo macet..):mrgreen:

    • GoJay says:

      Sebelomnya ane pinjem XEON, beeuuhhh… Super ajieeb buat di Jakarta nyang macrett abieesss.. Akselerasi dan larinya juga paten. Buat macet-macetan dan buat ngebut oke punya tuh…

      Udah pernah bro,, tapi ane gak yakin itu 30 menit ape kurang waktu lewat Cinere sampe masjid kubah emas. Tapi gak ade perubahan yang terasa dari mesin atau kopling. Semoga aja enggak akan ada masalah.. Amiiin.

    • noFUN says:

      mantabb.. semoga tidak ada masalah juga..
      biar makin mantab pilihannya ke Byson..

      selamat ber-Byson ria deh Bro..🙂

  7. good review …. bagus bilang bagus , jelek bilang jelek … xixixiix ……………………….
    kapan bisa ane pinjem seminggu ?

    *serius

  8. zaqlutv says:

    wao keren.. ya semua ada lebih dan kurangnya lah Bang..
    btw kalo pas serpis lagi di jaringan 3s tulung tanyain spidonya berapaan:mrgreen:
    trus itu spido pake kabel magnetis apa udah elektrik? kalo elektrik cocok banget dah..:mrgreen:

  9. ardiantoyugo says:

    Sama2 motor baru nih. . . Tp motorku pulsar 180 warna pak pos. . . Kerenan Byson

    • Go Jay says:

      Hahaha,,, Thanks Bro udah mampir..

      Motor yang penting bisa nganter kite ketempat tujuan,, Nyaman dan gak bikin susah, itu yang utama Bro..
      Soal tampilan No.2..😀 heheh

  10. asmarantaka says:

    buat jualan rujak bang??..xixiixixixx:mrgreen:

  11. Red says:

    gaya nulisnya enak dibaca mas bro.. mantap !😀

  12. Tanto Apache says:

    Kalo tampang Byson emang oke…..tapi kalo tarikan awal masih lebih enak TVS Apache RTR160….Ane rasain sendiri…..tapi pas putaran atas ngga beda jauh cuman Apache unggul bisa di depan, beda tipis lahhhh

    • Go Jay says:

      Iya.. Ane juga pernah rasain.. Apache sedikit lebih responsif.. Tapi untuk posisi berkendara khususnya jarak jauh, yang ane rasain sih enakan Byson.. mungkin tergantung sama postur tubuh masing-masing kali yahh..?🙂

  13. zaqlutv says:

    bang jay.. ngga ada kabar soal spido si kebo ya udah aye ganti pake koso db02 aja, heheheee…
    sekarang mo nanya lagi, itu shockbreaker depan lengkap 1 set ama segitiga atas bawah berapa yak? kekar bener kalo apache aye pake shock si kebo..
    ntar jadi kuda berkaki kebo deh..:mrgreen:

  14. rudi says:

    om numpang tanya dong,, sebenernya byson tuh enaknya di tarikan awal ato di atas,, di blok laen ada yang bilang 0 – 70 enak, 70 ke atas lemot,, ane biasa naek motor boncengan ama istri, bermacet2an juga,, jadi yang di perluin tarikan awal enteng,, byson mendukung ga oom,, tolong dibantu yaa,,

    • Go Jay says:

      Kalau menurut ane sedikit kurang di bawahnya.. mungkin ganti sproket gear yang gedean dikit dan seting bukaan anginnya, akselerasi awal akan lebih enteng.. Tapi ini akan mengorbankan putaran atas.. Untuk di perkotaan, gak masalah kalau atasnya kurang, lah baru buka gas bentar udah ngerem lagi kok.. hehehee

  15. ipanase says:

    shock keras bang, yang belakang, pernya keras, ane kayak tersiksa, tapi asekk buat jalan2., keren

  16. Fifit says:

    Pengen punya V-ixion tampang byson.. Hehehe….

  17. ndul says:

    kl untuk tanjakan..tarikannya kuat gak ya..?

  18. ndul says:

    kl untuk tanjakan..tarikannya kuat gak ya..? karena aku sering lewat daerah yang berbukit-bukit.

    • binterist says:

      byson Ane baru 1000km udah di ajak ke Bekasi-Bandung-Sukabumi PP.
      uuueeennakk tenan pas di tanjakan dan tikungannya.
      gak takut belok kenceng dan rebah miring sampe mentok juga.
      gas poll….

  19. Fajar Adiguna says:

    Coba Si Byson banny kasih angin Nitrogen gan…

  20. Fajar Adiguna says:

    Coba Si Byson bannya kasih angin Nitrogen gan…

  21. Pingback: Review Yamaha Byson: Gak Terasa, Sudah 3 Tahun Bareng Byson | GojayLicious

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: