AHM dan Repsol

Sekarang ini saya mulai merasa bingung dengan AHM. Kenapa saya merasa bingung?

Selain Yamaha dengan Yamalube nya, Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu ATPM yang juga punya oli untuk motornya sendiri, yakni AHM OIL. Bahkan Honda pernah meluncurkan sebuah produk AHM Oil SPX 1 yang diperuntukkan khsus buat motor sport terbaru mereka, CBR 150R dan CBR 250R.

Tapi…. AHM kini terlihat lebih sering mempromosikan produk oli lain, tak lain dan tak bukan adalah Repsol.

Memang, Repsol adalah produsen oli pendukung atau sponsor utama tim pabrikan Honda di MotoGP. Tapi secara korporasi, Repsol merupakan sebuah produk yang dikeluarkan oleh salah satu perusahan energy dan pelumas asal Spanyol, bukan Jepang.

Di beberapa produk (motor) baru Honda, AHM tak segan-segan menempelkan livery Repsol dengan sangat jelas. Saya hanya beropini, mungkin selain terlihat lebih keren dan sporty, livery yang melekat pada motor RC212V nya Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, mampu membantu menarik minat konsumen untuk membeli motor-motor Honda. Meski kita ketahui, saat ini motor Honda masih paling banyak terjual di Indonesia alias laris manis. Atau mungkin juga hal itu masuk dalam salah satu perjanjian Honda Jepang dengan Repsol. What ever lah..

Tapi, hal itu juga kembali menimbulkan opini lain dalam otak ini. Apakah AHM tak merasa membunuh produknya sendiri, AHM Oil?

Pasalnya, semenjak livery Repsol melekat pada motor-motor Honda seperti pada CBR 150R dan Blade, saya hampir lupa kalau Honda sebenarnya juga punya oli sendiri, AHM Oil. Dalam benak saya, secara tak langsung saya berpikir apakah oli yang paling cocok untuk mesin motor Honda adalah Repsol, bukan AHM Oil..?

Semoga saya salah..😀

Memang secara penjualan, AHM Oil jelas tak akan menurun mengingat produk baru Honda terus bermunculan. Dan itu jelas masih dalam masa garansi dan service gratis yang memberikan kompensasi gratis ganti oli. Atau saat service gratis di Bengkel Resmi (Beres) Honda , AHASS, sudah pasti pemilik motor akan membeli dan menggunakan oli AHM.

Tapi bukankah pemilik motor Honda yang telah melewati masa garansi dan service gratis tak kalah banyaknya? Bahkan jauh lebih banyak, mungkin. Dan bukan kah itu merupakan pasar yang potensial untuk memperbesar pangsa pasar oli motor Honda di Indonesia? Entahlah..

Bagaimana menurut Bro en Sis semua.? Apakah sama dengan apa yang saya pikirkan? Atau Bro en Sis punya informasi lain tentang hal ini?

Yuk, kita sharing informasi di sini..

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

13 Responses to AHM dan Repsol

  1. ardiantoyugo says:

    pernah berpikiran seperti.itu juga…
    tapi kalo livery-nya AHM OIL nanti malah lucu…..:mrgreen:

  2. ra payu ngko😀
    livery repsol, isi oli shel Hellix apa malah pertamina enduro racing:mrgreen:

    • Go Jay says:

      Nah itu dia mas bro… Yang jelas-jelas ada iklannya atau tulisannya segede gaban “REPSOL” orang masih pake merek lain macam Shell atau Enduro.. Apa lagi yang iklannya minim, apa gak mungkin orang melupakan..? hehehe CMIIW😀

  3. kang_ulid says:

    pertanyaannya adl brapa persenkah, orang indonesia yg tau bahwa repsol adl merk oli???

    http://www.jheren.wordpress.com/2011/09/18/brake-lamp-yang-paling-menyebalkan/

  4. Nanda says:

    Repsol adalah oli berkualitas internasional, pengalaman gue pake oli Repsol bisa bikin mesin awet, tarikannya enteng n tdk mudah bikin mesin cpt panas. motor gue Honda Supra X 125 wktu msh garansi ya gue tetap pake oli AHM, namanya gratis sapa jg yg ga mau. tp stelah lewat garansi gue pngen pake oli yg berkualitas, ada tmen nyaranin pake oli Repsol, stelah gue coba ternyata emang bener tuh crrita tmen gue.

  5. bayi gumoh says:

    FYI, AHM oil yg SPX (kalo gak salah) isinya repsol…mungkin bisa dibaca di wadahnya

  6. Fajar Adiguna says:

    Menurut ane nih gan, ga akan pengaruh penjualan AHM oil coz ane sering servis di rumah temen, banyak yang pake AHM oil😀

  7. j.kur says:

    klw oli castrol gmn brayyy bagus ga bwt new blade

  8. macho rider says:

    ketahuan nih tukang nulis artikel gak pernah megang botol AHM OIL ahahha

    SPX itu ada 2 supplier : FEDERAL OIL dan REPSOL (botol sama persis cuma beda logo kecil di kanan bawah dan nama PT produsen nya)

    kalo MPX itu disuplai IDEMITSU (entah yang matic saja, ato juga termasuk non-matic, saya lupa)

    AHM OIL itu cuma re-branding (bahasa kasarnya, AHM minta botolnya diisiin ma REPSOL/FEDERAL/IDEMITSU)

    silakan buktikan, termasuk kalau mau versi label produsennya sendiri REPSOL/FEDERAL/IDEMITSU, saya sih percaya aja deh ma AHM yang menjamin isi AHM OIL = isi REPSOL/FEDERAL/IDEMITSU…. yang lu dapat paling cuma beda harga doang, kaya beli PANADOL vs PARACETAMOL

  9. Lukman says:

    Gak baca botol AHM Oil SPX Series ya?

    Disitu jelas tertulis kalo AHM Oil SPX Series diproduksi oleh Repsol, jadi SPX Series adalah oli repsol yg dipesan khusus sesuai formula yh diinginkan dan dikasih merk AHM Oil,,, makanya warnanya orange,,,

    Sedangkan AHM Oil MPX Series adalah oli alternative yg lebih murah, diproduksi Federal dan Idemitsu,,,

Leave a Reply

