Review Yamaha Byson: Gak Terasa, Sudah 3 Tahun Bareng Byson

Solo Touring, Keliling Pelosok Bogor Tanpa Tujuan Jelas

Nggak berasa, ternyata sudah 3 tahun si RedBull nemenin saya keliling-keliling Jakarta – Bogor. Pernah juga sampai ke Jogja lewat Pantura.

Sebelum pakai Byson, dulu masih setia sama Honda Supra Fit N. Dari tahun 2005-2010. Soalnya itu motor awet, bandel, kuat. Malah pernah 6 bulan nggak ganti oli padahal tiap hari dipakai ngantor [Kalibata – Kedoya]. Dan nggak pernah ada masalah. Masalahnya cuma pada bodi aja yang geter luarbiasa dan berisik sangat. Kalau mesin, aman.

Hijrah ke motor sport sebenarnya terpengaruh oleh mas bro Bennythegreat yang bilang “Naik kelas lahh ke motor sport. Jangan naik bebek mulu,” kata doi saat bareng-bareng menjenguk bro Bodat di RS Uki. Waktu itu niatnya beli Pulsar 135LS. Tapi pas dapat kesempatan ngetes Byson di Sentul Kecil dan Bromo, langsung kepincut untuk meminang motor sport keluarga FZ Series ini. Dan sekarang ternyata sudah tiga tahun si Byson nemenin har-hari saya beraktivitas.

Gimana pengalaman selama 3 tahun naik Byson?

Istirahat Di Kaliurang Jogjakarta, Di Kaki Gunung Merapi

Istirahat Di Kaliurang Jogjakarta, Di Kaki Gunung Merapi

3 tahun mengendarai motor sport berbadan gambot ini, tak banyak masalah yang saya dapat. Di awal-awal cuma masalah lampu belakang saja yang sering mati. Setelah tiga kali ganti dalam selang waktu kurang dari 4 bulan, masalah sudah nggak pernah muncul lagi.

Kalau masalah mesin, juga gak ada masalah yang signifikan. Mesin 150cc nya sampai sekarang tetap okeh. Diajak lari di atas 100 kpj juga masih sanggup. Yang menarik waktu perjalanan menuju Jogja untuk hadiri 1st Anniversary Gilamotor Jogja, kebut-kebutan bareng Scorpio dan Satria FU yang pake knalpot berisik. Lari 120 kpj, nyussss. Padahal bawaan di box berat banget. Top Box penuh dengan Oli untuk dibagikan ke teman di Jogja, sides box tools kit dan segala perabot. Total bobotnya bisa lebih dari 50 kg. Meski masih standar tulen, ini motor dikira udah dibore up. Hehehee..

Setelah balik dari Jogja, suara agak kasar. Soalnya waktu balik dari Jogja ke Bogor via Pantura, kelupaan ganti oli. Si RedBull langsung digeber lagi ke Jakarta. Ganti oli setelah 2 minggu kemudian di Jakarta. Gara-gara terburu-buru, salah spek oli. SAE nya nggak sesuai dengan yang biasa saya pakai untuk si Byson. Alhasil, suara mesin jadi agak kasar. Tapi itu nggak membuat si RedBull jadi lemah syahwat. Ini motor tetap okeh. Bahkan diajak ke Bandung via Puncak tetap mantap. Masih bisa mereng-mereng di puncak sampai footstep ngegesrot di aspal.

Persiapan Menuju Bandung Bike Week 2012

Persiapan Menuju Bandung Bike Week 2012

Kalau minusnya.. Rasanya yang saya rasakan pasti sama dengan kebanyakan pemilik Byson khususnya yang speed lover. Akselerasinya lambat, kurang gesit, lomot di rpm bawah. Tapi kalau sudah di rpm tengah ke atas, sippsslaahh..

Kalau konsumsi bbm nya, jujur saya nggak pernah ngitung secara detil. Patokan saya berapa durasi saya isi bensin dalam 2 minggu. Waktu bensin jenis Premium masih Rp 4.500, ngisi Rp 50 ribu bisa hampir dua minggu. Kadang kalau sering ke Bogor kurang dari dua minggu. Tapi sekarang [Rp 6.500 / liter] ngisi Rp 50.000 cuma seminggu hanya untuk pemakaian di Jakarta saja. Kalau ke Bogor, paling 3 hari sudah ngisi lagi.

Irit apa boros tuh..? Soalnya saya nggak pernah mikirin soal isi bensin. Itu sudah resiko pemotor.

 

Kondisi Terkini si RedBull

Kondisi Terkini si RedBull

Kondisi Byson Sekarang, Bodi sudah banyak baret-baret akibat kejamnya parkiran di Jakarta. Juga karena terjatuh pelan di Jl. Raya Bogor. Jatuh gara-gara kecapean dan ngantuk di tengah malam. Saking capek dan ngantuknya gara-gara balik dari PRJ bareng bubaran SPGnya, belum waktunya belok, saya sudah belok. Alhasil, nyerempet trotoar. Kecepatan kurang dari 20 kpj aja sudah bikin kaki sakit gara-gara nahan bobot motor, gimana kalau jatuh di atas 60 kpj..?

Untungnya lagi, jatuhnya nggak bikin Byson harus jajan. Dampak buruknya cuma pada spatbor depan dan lampu depan baret. Selebihnya masih cakep seperti tak ada apa-apa.

Ban sudah ganti pakai Michelin Pilot 100/70 dan 130/70. Sprocket Sinnob ukuran sama dengan ukuran asli sprocket Byson.

Eh iyaa.. Sudah pernah ganti oli dan karet sok bereker depan gara-gara sok sebelah kanan bocor setelah usia pemakaian hampir 3 tahun. Itu gara-gara sering kena jebakan betmen di Bogor. Lubangnya sadis..

Ini link review 1000 km pertama Byson

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

19 Responses to Review Yamaha Byson: Gak Terasa, Sudah 3 Tahun Bareng Byson

  1. jofrin says:

    25 sept umur bysonku jg tepat 3 thn…overall ok…3 x jg bysonku cinta tanah air alias jatuh😦

  2. ipanase says:

    sama om😀
    3 tahun
    ganti bohlam
    ganti gearset
    ganti knalpot
    ganti karbu
    ganti apa lagi lupa😀

  3. Go Jay says:

    @Ipanase : Hahahaa.. Jangan-jangan ente ganti motor juga bro..?

  4. juragan says:

    kalau ane , masalah pertama kalinya adalah karburator, harus diganti krn .. kata montirnya karet vakumnya melar, padahal motor baru sebulan.. setelah ganti karbu PE udah jos lagi, udah nyampe kampung di padang, lewat lintas tengah, balik lewat lintas pesisir barat.. gak pernah ada kendala.. kalau soal jatuh yaa… udah gak keitung, motor 2 jam serah terima dari dealer aja udah jatuh.. wkwkwkwkw..
    baru 6 bulan odometernya udah nembus 14000.. 😀

  5. kupaw 4 says:

    mas mau tanya kemarin kan ada kerjaan diluar kota, pas ngebut itu byson kok kalo kena angin gampang oleng yah stirnya, ane pikir ini pasti gara2 spion, pas ane lepas spionnya jadi lumayan stabil, normal gak kek gitu mas?

  6. orong-orong says:

    wow joss, kebo ane juga dulu tiap bulan ganti lampu belakang. setelah ganti saklar manual tidak putus lagi. pernah ngalamin slip kopling enggak gan?
    http://sarikurnia980.wordpress.com/

  7. budi says:

    Bro, ane lagi bingung nih mau pilih si Kebo apa vixion. Kira2 harga sparepart nya kayak rantai ketengnya brp duit yak?. makasih

  8. Richie Kaliu says:

    bro,, ane mau nanya nie, skrng ane lagi galau ni akibat performa kebo ku yang tarikan over lemot skalianan, klo di gas btas kcepatannya cma spai 50 sja, abis itu klo di gas lagi sama kaya netral, knapa bisa begitu, mohon pencerahannya???

  9. mochamad rofi'i says:

    ???? a????????? sih sjak pemakaian awal ??? kena duluan malah spedonya,nol trus,????????>:/ mw jln,trus S?????a?????M?????@?????? mekaniknya ?????? ganti ??? new,skrng setelah 3th si kebo mulai ngambek lgi,tiap abs pindah gigi,koplingx pasti nyantol,pdhal ??a??? gnti kampas S?????a?????M?????@?????? per ,???????p???? ttp ????????>:/ mw damai,msih ngambek trus

  10. Aris says:

    Bro udah pernah ngerasain ngesot bareng si kebo dgn kcepatan 110km ..kebo ane udh pernah jatoh posisi ala pembalap gx knapa2 bisa langsung gas lg mesin ttap ok cuman setang patah munkin karna kpanjangan. . . Kondom tangki super kuat punya ane cuma baret dowang. . . Untung pakek full sefti jd ane gx kenapa2

  11. Heru says:

    Boz mau taya.. Kalo harga rantai keteng byson berapa…

  12. Leo says:

    tanggal 30 Maret ntar byson ane umur 3 taon bro.
    sma juga ga pernah ngalami masalah berarti, cuma kdang2 dya kayak orang
    mw.x disayang terus, g mw di duakan… (hehehe udah ada istri sama anak)
    menurut ane, YAMAHA BYSON adalah motor sport yang unik, keren dan multifungsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: