Paket Bore-up Satria FU, Rp 3 Juta Belum Termasuk PE28

New Satria FU

New Satria FU

Ada seabrek cara dongkrak performa motor New Satria FU, di antaranya dengan bore/stroke-up. Cara ini jadi salah satu yang difavoritkan. Soalnya kalau dari luar, mesin tampak standar-standar saja. Tapi larinyawuuzzzz..

Berhubung New Satria FU cuma nambah kalimat “New” doang, tapi mesin model lawas tanpa ada perubahan, caranya yah sama saja dengan yang lainnya. Nggak cuma buat FU doang, buat matik or bebek juga bisa bore-up. Cuma komponennya beda, matik pakai komponen matik, bebek pakai komponen bebek. Gak usah diceritain yang itu mah. Anak SD yang doyan ngoprek juga tahu.

Di bengkel yang letaknya di pinggiran aliran sungai Kalimalang, D2M Hasil Kebon, punya paket untuk bore-up Satria FU. Harganya Rp 3 jutaan. Itu belum termasuk karburator besar PE28. Kalau mau sekalian pakai PE28 tinggal nambah Rp 800-an ribu.

Dengan dana Rp 3 jutaan, D2M bakal bikin FU sampean lebih wuzzz. Tinggal pilih mana, mau wuzzz di bawah apa di atas.? Atau mau wuzzz atas bawah.. Bisaa.

“Ganti seher pake diameter 66mm terus pake pen stroke ukuran 2.5 mm. Bisa juga pakai yang 3mm tapi kudu motong seher. Yang pas pakai 2.5 mm aja. Barangnya banyak di pasaran. Harganya sekitar Rp 350-an ribu,” kata Didi Nurhadi, bos D2M.

Lanjut anak Betawi yang demen banget pake topi ini, dengan dana itu, Satria FU sampean juga bakal di-treatment dengan porting dan polish [PnP]. Kalau ini memang sudah kudu dilakukan. Tujuannya untuk memperbaiki efisiensi volumetric mesin, atau besaran campuran udara dan bensin di ruang bakar. Atau bahasa lainnya bikin cancar aliran masuk dan keluar udara. Kalau pencampuran udara dan bensin lancar dan tepat, dijamin konsumsi bbm akan lebih efisien. Tapi itu kembali ke ridernya. Kalau demen geber-geber, tetep aja bakal boros.

Selain PnP, juga akan di kruk balancing untuk naikin torsi. Caranya dengan bikin lubang 6 titik di bandul kruk as. Untuk ukaran dan posisinya ada itungannya. Jadi jangan asal bor yaah. Selain itu, untuk mendukung ubahan, pilot jet dan main jet juga kudu diperhatikan. Ganti Pj dan Mj nya pakai ukuran 44/122. Jangan lupa seting bukaan anginnya.

Terakhir sebagai pilihan lain, ganti gir sprocket depan. Naikin satu mata. Tapi itu bisa disesuaikan, sampean mau enak dimana, atas atau bawah atau atas bawah. Tinggal ganti jumlah mata gir depan dan belakang dan atur bukaan angin. “Kalau dapat setingan pas, dijamin motor makin wuzzz konsumsi bbm tetap irit,” tutup Didi.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

One Response to Paket Bore-up Satria FU, Rp 3 Juta Belum Termasuk PE28

  1. Si Ogie says:

    Ini bore up jadi brp cc ya bro? Se irit2nya kalo bore up kayaknya ttp bikin bolong kantong ngga ya? Hihihihi..

    Salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: