Agar Daging Hewan Qurban Tahan Sampai 3 Tahun dan Sampai Ke Pelosok Indonesia

Rumah ZakatKalau baca judulnya doang bikin bingung. Saya juga bingung waktu pertama nerima edaran elektronik dari Rumah Zakat mengenai hal itu. Gimana caranya daging hewan qurban bisa tahan 3 tahun dan sampai ke pelosok Indonesia.???

Rupanya Rumah Zakat [RZ] punya cara jitu bikin hewan qurban dari masyarakat termasuk hewan qurban bro en sis yang qurban melalui RZ, dikemas dalam bentuk kaleng alias kornet. Jadi itu daging lebih bermanfaat untuk setiap orang dan mempermudah penyalurannya kepada yang membutuhkan bahkan ke pelosok negeri sekalipun. Seperti kita tahu, RZ punya jaringa luas di seluruh negeri, jadi kalau kita qurban di Jakarta, itu daging qurban kita bisa sampai ke pelosok Aceh, Papua dan kota-kota yang jauh dari Jakarta. Juga sebaliknya.

Dan itu jadi sebuah ladang amal yang menghadirkan senyuman sepanjang tahun, karena dapat bertahan 3 tahun dan saudara-saudara kita di daerah terpencil sekali pun dapat merasakan nikmatnya daging Qurban.

Proses penyembelihan sesuai syariat, jadi nggak asal potong. Waktunya pun disesuaikan dengan waktu qurban, yaitu setelah waktu Sholat Idul Adha. Cara yang ditempuh RZ ini mantaps bro, karena selain produk yang dinamakan Super Qurban ini Halal dan terjamin Syar’i atau sesuai dengan kaidah islam yang menganjurkan untuk tidak menghabiskan daging Qurban dalam 3 hari.  Selain itu, juga sesuai dengan Sabda Rosulullah SAW, “Makanlah daging qurban itu dan berikanlah kepada fakir miskin dan sumpanlah,” [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi] ini hadis shahih.

Nah, berdasar hadist itu, pemanfaatan daging qurban dilakukan menjadi 3 bagian/cara ; sebagian dikonsumsi oleh penqurban, diberikan kepada fakir miskin dan disimpan. Pembagian kepada fakir miskin boleh dilakukan di luar wilayah dari tempat penyembelihan.

Bagaimana dengan daging qurban dalam bentuk kornet ?

Hal tersebut diperbolehkan, mengingat perintah Rasululloh mengenai pemanfaatan daging qurban sebagai berikut : “makanlah, simpanlah untuk perbekalan dan bersodaqohlah” (HR Bukhari Muslim).

Kornetisasi daging qurban merupakan upaya mengelola daging udhhiyah agar dapat memberikan manfaat lebih lama dan terdistribusi lebih luas.

“Tidak ada amal yang dilakukan oleh anak Adam yang paling disukai oleh Allah pada hari Nahr dari mengalirkan darah (binatang sembelihan). Sesungguhnya sembelihan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduknya, bulu-bulunya dan lemaknya. Sedangkan darahnya sudah diterima Allah sebelum jatuh ke tanah”. (HR. Tirmidzi)

 Hanya dengan Rp 1.800.000,-/ekor (Kambing) ; Rp 12.800.000,-/ekor (Sapi) ; atau Sapi retail (untuk 7 orang) @ Rp 2.000.000,, bro en sis semua sudah bisa mengikuti program Superqurban ini.

Program nya jelas beda. daging qurban tak dibagikan langsung habis sehari tapi kami kornetkan dalam bentuk kaleng @ 200 gram. Disembelih saat hari Qurban, sesuai syar’i, diolah dengan mesin canggih tetap klinis dan higienis. Distribusi bisa lebih panjang dan simpel serta menjangkau setiap pelosok nusantara. Tak perlu khawatir hewan sakit atau cacat saat tiba di lokasi.

Metode pengkornetan daging qurban dalam program Super Qurban ini mempunyai manfaat yang lebih baik, diantaranya adalah:

  1. Sesuai syariah. Hewan dipotong dalam kondisi sehat pada hari raya Idul Adha hingga hari tasyrik.
  2. Praktis. Mudah dibawa, mudah dibuka, siap menjangkau berbagai kawasan rawan pangan di Nusantara.
  3. Kesehatan Terjamin. Hewan qurban di karantina dalam pengawasan dokter hewan.
  4. Kornet tahan lama hingga jangka waktu 3 tahun. Diproduksi oleh perusahaan yang telah berpengalaman dalam pengemasan produk ekspor, dengan standar halal MUI dan pengawasan BPOM.
  5. Aksi distribusi dilakukan sepanjang tahun. Tidak habis dalam sekejap sepekan hari raya qurban. Program penyaluran bisa lebih terarah dan terencana.
  6. Menjangkau pelosok Indonesia. Menjangkau daerah terpencil, pedesaan dan wilayah jangkauan bencana yang luas. Minim resiko dibanding bila di distribusikan dalam wujud hewan hidup.
  7. Memberdayakan Petani Lokal. Seluruh tahapan produksi dilakukan di Indonesia, program ini sangat efektif memberdayakan potensi peternak lokal yang utamanya berbasis di pesantren.
  8. Solusi Efektif Bantu Korban Bencana. Terbukti sukses untuk membantu korban konflik Ambon, Maluku Utara, bencana tsunami Aceh, gizi buruk di Banten, longsor Banjarnegara, gempa DIY-Jateng, tsunami Pangandaran, gempa di Bengkulu, bencana Gunung Kelud dan yang terakhir adalah aksi siaga bencana pada gempa di Jawa Barat serta Gempa Sumatera.

Rosululloh SAW bersabrda, “Barangsiapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berqurban, maka janganlah sekali-kali ia menghampiri tempat shalat kami.”(HR. Ahmad).

Demikian bro en sis. Semoga bermanfaat

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: