Menanti V-Ixion Terbaru, Pakai Baju Keren

V-Ixion

Kode-kode dan bocor alus Yamaha YZF-R15 sudah bertebaran dan berceceran di mana-mana. Perlahan-lahan Yamaha Indonesia mulai kasih sedikit-sedikit bagian puzzle new product macam fork, lampu, pelek dan lain-lainnya. Yaa.. itu adalah V-Ixion Terbaru yang Pakai Baju Keren. Xixixi

Meski yang ngasih potongan puzzle nya bukan dari internal Yamaha langsung, tapi setidaknya yang memberi bocoran itu orang yang terlibat baik secara langsung atau tidak langsung dengan Yamaha Indonesia. Misalnya produsen/vendor suku cadang atau komponen.

Kenapa V-Ixion pakai baju keren? Bro en sis tentu sudah tahu, perbedaan antara V-Ixion dan R15 hanya di sektor exterior alias tampang dan kaki-kakinya. Tapi mesin, hampir 100% sama. Bedanya cuma penambahan 1 gigi dan luaran tenaga yang sedikit lebih besar. Tapi secara kubikasi, bore x stroke nya sama,  57 x 58,7 (mm). Crankcase sama, rangka deltabox sama, suspensi sama.

Rata-rata, perbedaannya hanya di bagian yang mudah untuk dipasang dan dilepas [plug and play] macam swing arm, dan speedo meter. Kalau perbedaan tenaga, rebornes rasa bro en sis yang doyan ngoprek pasti sudah paham gimana cara menambah tenaga 1 hp dari kondisi mesin standar. Apalagi V-Ixion maupun R15 sudah injeksi dan pakai ECU. Yang doyan ngakalin ECU pasti paham ngakalin maping ECU nya.

Jadi secara langsung atau tidak, V-Ixion adalah R15 dan R15 adalah V-Ixion. Kalau secara pemikiran bebas, ini adalah cara untuk menghemat biaya pengambangan sebuah produk. Basisnya 1 tapi bisa jadi 2 produk. 1 produk naked bike dan yang 1nya full fairing. Biaya research and develop itu nggak murah dan butuh waktu lama.

Jadi orang-orang RnD itu kalau bikin motor yang basis mesinnya sama, bikin sketsa versi fairing duluan atau naked duluan yah.? Apa bro en sis ada yang bekerja di dept RnD.? Boleh doong dishare.. hehehe.

Bicara masalah peluncurannya, hampir dipastikan bakal nongol tahun 2014 mendatang. Belum lama sempat ngobrol ngalor-ngidul sama orang Yamaha Indonesia, terus nyamber ke masalah rencana peluncuran model baru. Kata dia, tahun ini gak ada model baru. Pun kalau ada itu cuma facelift aja. All new nya tahun depan.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

6 Responses to Menanti V-Ixion Terbaru, Pakai Baju Keren

  1. thok says:

    memang keren,tp performanya gmana ?
    ktnya klo full firing identik dg speed.
    salam kenal bro.

    • Go Jay says:

      Kalau performa V-Ixion, arasanya mas bro Thok sudah pernah menjajal CMIIW…

      Kalau performa R15 V2.0 ane belum coba bro.. Baru liat aja.. Tapi dengan bobot lebih berat dari V-Ixion dan tenaga sedikit lebih besar dari V-Ixion, bisa dipastikan performanya akan 11 12 dengan V-Ixion.. xixixixi

    • Go Jay says:

      eh iyaa,,, Salam kenal juga bro…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: