Count Down MotoGP 2013, Sisa 100 Poin, Untuk Siapa.?

fantastic-four-motogp-2013Well.. Bro en sis sekalian pasti sudah menebak-nebak siapa yang bakal keluar jadi juara dunia tahun ini. Sudah jelas, meski tak seluruh pecinta MotoGP bilang Marc Marquez akan jadi juara dunia, tapi fakta di lapangan mengarah ke sana. Dari 14 seri yang sudah berjalan, Marc Marquez jadi pembalap paling konsisten naik podium. Dia hanya gagal 1 kali di Mugello karena terjatuh di dua lap terakhir.

Setelah seri Aragon atau seri ke-14 musim ini, balapan menyisakan empat seri lagi, Sepang, Philip Island, Motegi dan seri pamungkas Valencia. Dari empat seri itu, masih ada 100 poin maksimal yang tersisa dengan perhitungan podium 1st 25 poin, 2nd 20 poin 3rd 16 poin.

Perebutan gelar juara kini hanya diperebutkan oleh dua pembalap Spanyol, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Marc balapan tanpa beban walau tujuannya jelas ingin menjadi juara dunia di musim pertamanya. Sementara Jorge Lorenzo balapan dengan beban berat. Selain sebagai senior dan pemegang dua gelar juara dunia, Lorenzo harus bisa meraih poin maksimal (100 poin) di 4 seri tersisa. Untuk jadi juara dunia, setidaknya Lorenzo harus memenangkan 4 seri tersisa, dengan catatan Marc harus dua kali finish di luar 3 besar atau 1 kali tak finish.

Marc memimpin kelasemen sementara dengan 278 poin. Selisih 39 poin dari Jorge Lorenzo yang ada di posisi dua kelasemen dengan 239 poin. Jika Lorenzo finish pertama dan Marc kedua di 4 seri terakhir, maka usaha Lorenzo akan sia-sia. Begini, jika Lorenzo jadi juara di 4 seri terakhir maka poin  Lorenzo jadi 339 poin, sementara jika Marc finish kedua di 4 seri terakhir, poin akhirnya akan 358. Lorenzo masih tertinggal 19 poin.

Satu-satunya cara adalah memainkan team order. Valentino Rossi sebagai rekan satu tim, bisa saja ditunjuk Lin Jarvis atau Massimo Meregalli – Yamaha Factory Racing Team Director atau Wilco Zeelenberg – Yamaha Factory Racing Team Manager untuk membantu Lorenzo.

Tapi yang jadi masalah, performa Rossi kini jauh dari harap untuk bisa bersaing bersama tiga pembalap terdepan. Sejauh ini, Rossi hanya disibukkan bertarung melawan para pembalap satelit, Alvaro Bautista, Cal Crutchlow dan Stefan Bradl.

Itu artinya Yamaha Factory Racing tak akan bisa memainkan team order untuk membantu Lorenzo kembali jadi juara dunia musim ini. Dan itu artinya pula, Lorenzo harus berjuang sendiri menghadapi duo Honda. Bicara masalah optimis, Lorenzo sudah pasti, mau tak mau, dia harus optimis bisa menang di 4 seri tersisa. Karena itu satu-satunya senjata yang bisa membantu mendongkrak performa M1 nya bertarung hingga titik darah penghabisan.

Tapi harus digaris bawahi, jika Livio Suppo atau Shuhei Nakamoto juga akan memainkan team order untuk membantu Marc Marquez merebut gelar juara dunia, Dani dengan lapang dada harus memainkan perannya di baris kedua mengambat laju Lorenzo, mengingat peluang Dani meraih gelar juara sudah semakin sulit. Kembali jadi pertanyaan, apakah Dani Pedrosa mau mempertaruhkan reputasi dan profesionalitasnya sebagai pembalap senior di Honda untuk membantu Marc Marquez.? Who knows..?

Pun seandainya Dani tak mau, itu artinya Marc pun akan bertarung sendiri melawan Lorenzo.

Situasi seperti ini, sama-sama memberi keuntungan bagi kedua kandidat juara dunia itu. Lorenzo yang punya jurus melesat sejak awal, akan diuntungkan dengan pertarungan Dani dan Marc untuk finish kedua. Jadi Lorenzo bisa membuat jarak dengan Marc karena Dani dan Marc akan banyak kehilangan waktu saat berduel. Begitu juga sebaliknya, dimana Marc punya akselerasi bagus di tiap keluar tikungan. Marc punya peluang menggusur Lorenzo ke posisi kedua dan Dani punya peluang untuk bertarung dengan Lorenzo  bertarung merebut posisi dua atau malah mengejar posisi pertama. Tapi tentunya Dani pun ingin memenangkan balapan di 4 seri tersisa.

Kalau sudah seperti ini, Siapa punya peluang jadi juara dunia.? Apapun bisa terjadi di empat seri tersisa.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

3 Responses to Count Down MotoGP 2013, Sisa 100 Poin, Untuk Siapa.?

  1. day_365 says:

    Harap2 cemas tapi karna ngefans sama marc ane megang marquez kalah menang ra peduli wis dpt gelar Rookie of the year kok ,kalo bisa WC huebat

  2. jeviaja says:

    kl marquez dapet pinalty, mending pecat aja si pedrolo, ganggu tok wae isone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: