Apessss.. Gara-gara Salah Strategi Marquez Pun Diusir Race Direction Dari Trek

Marc Marquez Black Flag

Apess.. pesss.. pesssss banget si Alien Marck Marquez. Gara-gara salah perencanaan dan strategi untuk hadapi balapan MotoGP Phillip Island dengan regulasi baru flag to flag untuk mensiasati ban yang cepat over heat karena aspal baru, malah bikin Marquez dan timnya gagal merayakan gelar juara dunia pertamanya di musim pedananya MotoGP 2013. Nggak hanya itu, kerugian Marquez adalah nggak dapat poin sama sekali.

MotoGP Phillip Island emang menegangkan dengan pinter-penteran skenario tim untuk mensiasati kapan dan bagaimana masuk pit serta proses ganti motornya. Beberapa pembalap bahkan sempat melakukan latihan lompat dari motor yang satu ke motor yang lain. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pergantian motor saat pembalap masuk pit untuk mengganti motor.

Selain itu, seri ke-16 ini sekaligus mengejutkan karena untuk kali pertama diberlakukan sistem flag to flag macam di F1 dan ada penalty Black Flag alias didiskualifikasi dari balapan. Marquez adalah korbannya… Marquez diusir dari balapan oleh Race Direction karena dianggap tak menghiraukan peraturan yang sudah ditetapkan. Padahal saat itu balapan sudah tinggal 5 lap lagi dan Marquez sudah ada di posisi kedua di belakang Lorenzo.

Regulasi baru dan dadakan itu memangkas jumlah lap dari 27 lap menjadi 19 lap dan mewajibkan pembalap masuk pit untuk mengganti motor dengan ban baru pada akhir lap 9 atau 10 karena asalan keselamatan. Yah itu tadi, ban tak bisa lama-lama dipakai karena lebih cepat over heat. Soalnya beberapa kasus terjadi saat sesi latihan bebas, kompon ban mengelupas dan ada yang sampai meledak.

Regulasi baru yang mengharukan pembalap masuk pit di lap 9 atau 10, disalah tafsirkan oleh timnya Marc. tim berpikir Marquez bisa masuk pit sebelum lap 11 berakhir. Makanya saat Dani Pedrosa masuk pit di lap 9, terus Lorenzo masuk pit di lap 10, Marquez masih gas polll melanjutkan balapan sendirian. Hal itu dilakukan Marquez karena perintah di pit board timnya. “Kami mebuat rencana yang salah besar bersama tim,” ucap Marquez.

“Membingungkan banget soalnya kami pikir kami bisa [masuk pit sebelum akhir lap 11] dan aku mengikuti apa yang tim katakan dengan pit board. Waktu mereka bilang ‘box’ dengan pit board, aku masuk pit, tapi rupanya itu sudah terlambat. Kami pikir memungkinkan untuk melanjutkan balapan, tapi kami belajar dari kesalahan itu dan bersiap ke Jepang.”

“Itu kesalahan tim jadi tak bisa menyalahkan satu orang saja. Kami membuat rencana bersama dengan tiga atau empat orang. Masalah terbesar adalah kami berpikir bahwa kami bisa masuk pit di lap itu [sebelum akhir lap 11] .”

“Hal positifnya kami ada di sana dan bertarung untuk kemenangan. Aku gak ngerti waktu aku lihat bendera hitam dan 93, itu sukar dimengerti, mengapa. Aku berpikir mungkin aku terlalu cepat saat masuk pit atau mungkin aku menyebrangi garis putih di jalur keluar pit.”

Marquez menganggap kalau penalti yang diberikan itu terlalu berat, tapi mau dikata apa lagi keputusan sudah diambil. Marquez berfirkir kenapa nggak kasih penalty lain saja sih macam penalty waktu beberapa detik atau penalty ride-through. Nggak harus didiskualifikasi gitu.

Tapi apa mau dikata, Marshal sudah mengibarkan bendera hitam untuk dia. Dan dia harus pasrah pulang tanpa membawa poin sama sekali. Ini jelas kerugian besar bagi Marquez. Selain dia kehilangan poin, selisih poinnya dengan Lorenzo sekarang tinggal 18 poin lagi dari sebelumnya 43 poin.

Tinggal dua seri tersisa, Jepang dan Valencia. Kalau tak ada peristiwa serupa terjadi di Twin Ring Jepang atau di antara Lorenzo, Marquez dan Pedrosa masih bisa finish 1-2-3, maka pertarungan perebutan gelar juara dunia akan terjadi di Valencia. Itu artinya MotoGP  masih sedep untuk ditonton.

 

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

2 Responses to Apessss.. Gara-gara Salah Strategi Marquez Pun Diusir Race Direction Dari Trek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: