Jepang Ikut Jual Moge Di Indonesia, Moge Italia Ikut Untung

Yamaha YZF-R1

Yamaha YZF-R1

Seperti kita ketahui, pasar otomotif roda dua Amerika dan Eropa khusunya sedang melemah, dimana motor-motor bermesin 250cc ke atas banyak dijual di sana.

Pengisi pasar motor Eropa dan Amerika bukan cuma dari pabrikan Eropa dan Amerika aja, tapi moge asal Jepang juga merajalela di sana. Pertumbuhannya yang semakin melambat dan melambat, membuat para produsen Jepang itu memutar otak untuk tetap membuat bisnis motornya hidup.

Indonesia jadi negara paling makmur dan subur. Meski terkena badai krisis, tapi kondisi pasarnya tetap tumbuh walau sedikit tertahan. Diprediksi, setelah pemilu April 2014 mendatang, pergerakan ekonomi Indonesia akan semakin menggiurkan.

Nah, itudia yang jadi alasan supernya bro en sis. Alasan yang membuat para prinsipal motor Jepang itu memaksa perusahan yang memproduksi dan memasarkan motornya di Indonesia juga harus menjual moge. Padahal, mereka-mereka itu awalnya adalah raja jualan motor bebek dan matik di banding negara lain. Bahkan boleh dibilang, Indonesia kini jadi tulang punggung financial mereka. Bayangin aja, setahun bisa jual motor lebih dari 7 juta unit. Ngerihhhh-ngerihh sedap..

Dan nggak heran kalau semua brand dari segala jenis brand baik otomotif atau bukan, mengarahkan moncong ‘meriam’ nya ke pasar Indonesia.

Meski belum besar, tapi dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat Indonesia, perusahaan pembuat dan pemasar motor bermesin kecil berusaha merayu konsumen untuk membeli moge mereka. Perlahan namun pasti, bisa diyakinkan pergerakan pertumbuhan moge di Indonesia akan terus tumbuh.

Lihat saja…. Kawasaki, nyaris seluruh line up produknya adalah moge. Baru-baru ini Yamaha mulai menikmati jualan R6, R1 dan matik besarnya di Indonesia. Meski jualan moge Yamaha belum besar, tapi pembelinya sudah indent berbulan-bulan. Sementara Suzuki mulai lirik-lirik dan mempelajari pasar moge dan tentunya akan segera menjualnya. Bagaimana dengan Honda? Kalau pabrikan yang satu ini harus ada ulasan tersendiri kenapa belum mau jual moge. Soalnya pasti panjang dan lebar.

Terus apa hubungannya dengan Jepang Ikut Jual Moge Di Indonesia, Moge Italia Ikut Untung?

Jadi begini bro en sis. Sebelum para pabrikan Jepang itu menjual moge, selisih harga motor Jepang dan Italia itu jauh beudd. Dari motor Jepang, dulu paling mahal adalah motornya Kawasaki, Ninja 250, yang ada di kisaran Rp 40an-60an juta, sementara harga motor Italia seperti Ducati dan MV Agusta di atas Rp 200-an juta.

Dengan hadirnya moge-moge Jepang yang dijual mulai harga Rp 100 juta kurang dikit sampai harga di atas Rp 200 juta, tentunya akan mengisi gap harga antara motor kelas 250cc dari Jepang dan motor Italia itu. Dan dengan semakin banyaknya pilihan moge, tentu akan semakin menyuburkan pasar moge di Indonesia. Secara otomatis, pasar moge asal benua biru itu tentu akan ikut terdongkrak.

Alasan pertama, bagi kebanyakan orang prestige antara moge Italia dan Jepang jelas berbeda. Kedua, pemilik moge yang sudah bosan dengan rasa ‘Sushi’ akan beralih ke moge rasa ‘Pizza’. Jual moge Jepang bekasnya, dan tinggal tambahin sedikit uang buat boyong moge Italia gres  dari dealer.

“Ducati itu eksklusif. Tidak semua orang bisa langsung beralih ke Ducati. Selain harga, kepribadiannya pun berbeda,” begitu kata Iwan Gogo Panjaitan, CEO Ducati Indonesia soal motor Ducati.

Bicara masalah prestige, orang Indonesia paling tinggi punya prestige. Kalau punya cukup duit buat beli motor yang punya gengsi tinggi walau dipakainya nggak enak, mending beli yang kayak gitu daripada beli motor yang enak dipakai tapi gengsinya kurang. Toh itu motor nggak dipakai saban hari, kan.? Cuma dipakai weekend doang dan buat bersosialita bereng rekan sehobi. Main di sirkuit pun jarang-jarang.

Jadi, semakin banyak moge yang dijual langsung oleh APM Jepang, akan secara langsung atau tidak akan membantu perkembangan pasar moge yang imbasnya juga akan dinikmati oleh APM Italia macam Ducati dan MV Agusta.

Gimana menurut bro en sis.?

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: