Rossi Guyon Soal Susahnya Knee Down di Jaman Dulu

Valentino RossiDi MotoGP 2015, Valentino Rossi jadi pebalap paling tua. Namanya paling tua, tentu punya pengalaman hidup yang lebih banyak [walau ada juga yang muda punya lebih banyak pengalaman].

Rossi sudah mengantongi 7 gelar juara dunia di kelas premier. Dia balapan sejak MotoGP masih menggunakan mesin 500cc 2 tak, lalu beralih ke mesin 4 tak 990cc, lalu turun kapasitas jadi 800cc dan kini pakai mesin 1000cc. Nggak cuma itu, Rossi juga pernah nyicip beberapa motor dari tiga brand berbeda, Honda, Yamaha Ducati dan kini kembali ke Yamaha.

Nggak cuma dengan motor, Rossi juga punya pengalaman banyak soal ban, baik bersama Michelin dan kemudian Bridgestone.

Dari masing-masing motor itu tentu punya karakter berbeda yang menuntut para pebalap punya gaya balap sendiri dalam menaklukkan tunggangannya. 500cc 2 tak tentu akan berbeda dengan 990cc 4 tak, 990cc juga pasti berbeda dengan 800cc dan ketiga kapasitas mesin itu juga akan berbeda gaya balap dengan mesin 1000cc.

Lantas apa yang berubah dari gaya balap Valentino Rossi?

“Aku memulainya ketika masih hitam dan putih. Waktu itu sulit sekali untuk menyentuh knee down!” guyon Rossi.

Terlepas dari guyonan itu, Rossi mengaku hal utama yang berubah adalah posisi di atas motor. MotoGP tahun lalu jadi musim yang paling besar mengalami perubahan bagi Rossi. Faktornya banyak, mulai dari sistem elektronik hingga ban yang diproduksi pabrikan Jepang, Bridgestone.

“Waktu dulu dengan Michelin, gaya balap berbeda dan Anda tak bisa tetap di posisi berkendara yang sama jika dibandingkan dengan sekarang,” papar Rossi.

Sekarang Rossi mengaku banyak belajar dari pebalap yang lebih muda seperti Marc Marquez, atau Jorge Lorenzo yang juga menunggangi motor yang sama dengan Rossi, YZR-M1. Tapi setiap pebalap berkembang dan memodifikasi gaya balap mereka sendiri. Juga Andrea Dovizioso, [Ducati] banyak berubah dari tahun lalu. Selalu berevolusi. Tak pernah sama.

Tahun depan, MotoGP akan kembali menggunakan ban Michelin. Sistem elektrinik pun pasti akan ada perubahan regulasi baru dari Dorna. Apakan akan ada lagi yang akan berubah dari Rossi.?

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: