MotoGP Kenalkan 2 Grafik Lean Angle, Siapa Yang Lebih Miring

Suzuki MotoGP

Bro en sis sekalian, jelang motogp Aragon, Dorna melalui laman MotoGP.com memperlihatkan perbandingan sudut kemiringan beragam kelas motor saat nikung. Motor motogp punya sudut lean angle paling besar.

Jadi begini, dalam keadaan berdiri tegak, lean angle atau sudut kemiringan motor 0 drajat. Saat berbelok, beragam tipe motor punya batas kemiringannya. Dijelaskan dalam video presentasi yang dibuat Dorna, membuat komparasi lean angle beberapa motor mulai dari skuter, streetbike, supersport, SBK dan MotoGP.

Sebuah skuter punya lean angle mencapai 40 drajat. Sementara streetbike lebih besar, bisa sampai 50 drajat. Besarnya drajad kemiringan street bike dipengaruhi beberapa factor salah satunya bentuk bodi dan ban. CMIIW…

Beralih ke motor-motor yang dipakai untuk balapan, Super Sport lean angle nya 55 drajat. SBK 61 drajat dan trakhir MotoGP yang mencapai 64 drajat.

Motor yang dipakai untuk demo motornya Jorge Lorenzo Yamaha M1. Lorenzo tentunya ikut sebagai modelnya. M1 Lorenzo di miringin di tengah lintasan dan diganjal dengan sebuah stand.

Dari informasi yang disebar Dorna, akan ada dua grafik yang akan mereka kenalkan. Selain itu, kita juga bisa melihat komparasi kemiringan dua pembalap saat melewati tikungan-tikungan cepat di sirkuit Aragon. Mungkin saat sesi FP1 sudah bisa dilihat. Semoga saja…

Eh iya, dua grafik itu satunya berdiri sendiri alias stand alone untuk mengintai gaya pembalap saat mereng dan seberapa lebar grip ban yang terpakai. Kalau dari presentasi Dorna, di kemiringan 64 drajat, grip ban yang menempel di aspal cuma selebar kartu kredit atau sekitar 5 cm.

Dan grafik yang satu lagi adalah grafik komparasinya. Misalnya Lorenzo dan Marc lagi duel, dan saat melewati tikungan tertentu bisa diketahu seberapa miring motor Lorenzo dan Marc. Apakah Marc lebih miring dari Lorenzo atau Lorenzo yang lebih miring dari Marc. Atau sampean semua yang paling miring gara-gara street tanggal segini belum gajian. Heheheee.

Okedeh.. nanti kita lihat saat balap. Siapa yang lebih miring.

Eh iya, penulis juga pernah loh naik motor Suzuki MotoGP sampai miring kayak gitu. Capek brooo nahan berat badan yang hampir 80 kg. [lihat gambar]. Hehehee.

Ini gambar-gambar presentasi yang keren dari motogp. Selamat menikmati, semoga bermanfaat.

About Go Jay
Motivator Diri Sendiri

7 Responses to MotoGP Kenalkan 2 Grafik Lean Angle, Siapa Yang Lebih Miring

  1. indraf says:

    motor jalan raya atau streetbike ya ya ya

  2. ipanase says:

    awazzzz om, jatoh😀

  3. Pingback: Nikmati Pengalaman Baru Nonton MotoGP Dengan Grafis Lean Angle | GojayLicious

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: