Komunitas Adalah Segalanya Part I
June 23, 2010 14 Comments
Komunitas sangat berpengaruh.? Ya. untuk sebagian kalangan, komunitas adalah bagian penting dalam aktivitas promosi sebuah brand atau produk.
Kenapa? Menurut gw pribadi, (Sambil berdoa semoga tidak salah) bahwa komunitas memegang peranan penting dalam meng-influence masyarakat atau sebagai refrensi terakhir untuk meyakinkan diri sebelum membeli.
Dengan kata lain, Komunitas bisa dijadikan sebagai ujung tombak promosi, tentunya sebagai media promosi yang low budget high impact (Nyadur ungkapan Juragan Rondo). Ya iyalahhh.. Kadang biaya promo yang diberikan ke komunitas hanya 1/10 dari biaya yang promosi yang harus mereka keluarkan (pemilik brand atau produk -red) dibanding dengan promosi lain dengan impact yang sama. (angka 1/10 tadi bisa saja berubah.. tergantung budget awalnya. kalo besar berarti tidak 1/10 bisa 1/100.. hehheh).
Kenapa para pemilik brand atau product menjadikan para komunitas ini sebagai bagian dari media promosi mereka.?
Kita kilas balik postingan Bro Arif Rachman di Milis KoBOI yang judulnya “Blogger Kurang Dipercayai”.
Dalam postingan tersebut menyatakan ulasan dari situs The Marketeer bahwa media sosial seperti facebook, tweeter, blogger dan sebagainya, masih kurang ampuh.
Sumber informasi dan rekomendasi nomor 1 yang dipercayai masyarakat konsumen adalah keluarganya sendiri. Ke-dua adalah teman-temannya. Ketimbang forum-forum diskusi online dan resensi produk online, bloggers masih kalah jauh dalam mendapatkan kepercayaan konsumen.
Mungkin dari sinilah para pemilik brand dan produk memandang bahwa Word of Mouth masih lebih ampuh ketimbang blogger. Jadi mereka meminjam mulut para komunitas untuk mempromosikan produk mereka. (Sstttt.. KoBOI juga mau dibantu loh kalo mau ngadain event, kata Mba Ria)
Cara ini sesungguhnya tidak sepenuhnya salah, tergantung bagaimana mereka memandang pentingnya sebuah komunitas. Apakah komunitas hanya sebagai media promo atau menjadi bagian dari mereka.
Sebagai Contoh :
Belum lama, komunitas YJOC mengadakan sebuah acara. Dalam acara tersebut, brand Greensand Recharge hadir sebagai sponsor pendukung mereka. Saat gw ngeliat keterlibatan produk minuman dalam acara tersbut, langsung gw telp PIC YJOC, Bro KakaIpank. Dari Bro KakaIpank gw dapet no kontak Ria Isa Arlita sebagai staf agensi produk minuman tersebut.
Kenapa greendsand menyasar pada komunitas ? “Kita memang sedang ada program ke komunitas, kebetulan program kita tahun ini menyasar pada komunitas dengan tema Komunitas Visit 2010,” kata Ria.
“Komunitas Visit 2010..” Ya.. dari tag line nya aja udah jelas, bahwa selama 2010 mereka menargetkan dalam setiap event komunitas, Brand tersebut harus berada didalamnya. Masalah biaya jelas jauh lebih murah ketimbang mereka harus mengadakan acara sendiri. Harus ini lah, harus itulah, bayar inilah, bayar itulah.
Kalau mereka bisa nimbrung dengan komunitas, mungkin hanya perlu sedikit biaya. Seperti biaya untuk buka stand, hadiah dari game dan biaya administrasi lainnya yang jelas jauh lebih murah serta memberi minuman secara geratis tanpa harus pusing memikirkan pengunjung.
Beda produk beda strategi.
Beda strategi disini adalah perlakukan terhadap komunitas itu sendiri. Jika produk minuman ini hanya bersahabat ketika ada event berlangsung saja, produk otomotif justeru semakin lama semakin bagus.
Mengapa? Komunitas dianggap penting karena itu tadi, Word of Mouth..
Seperti yang dilakukan PT SKN selaku Importir motor Piaggio dan Aprilia. Mereka sangat menjaga komunitas mereka. Bahkan jika perlu, setiap varian ada komunitasnya sendiri.
Untuk menjaga komunitas, PT SKN rela mengeluarkan biaya untuk makan malam, atau sarapan atau hanya ngopi bareng bersama yang rutin tiap bulan. Anda bisa bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk makan-makan bersama komunitas.
Jelas jauh lebih murah ketimbang masang iklan 1 halama di media cetak. Lantas apa yang mereka dapat dari acara tersebut? Kedekatan Emosional.
Ya, Kedekatan Emosional inilah yang menjadi senjata utamanya. “Kita merangkul mereka agar kedekatan emosional kita semakin dekat. Selain mereka adalah konsumen kita, mereka juga bagian dari kita.” ungkap Manager Marketing PT SKN, Wahono di PRJ saat launching Vespa LXV, Zip dan Sportcity.
“Keakraban antar sesama akan membuat kita seperti saudara. Nah jika demikian, mereka akan menjaga produk kita. Selain itu, komunitas bisa merubah Keinginan menjadi kedekatan Emosional. mengapa? karena saat anda membeli sebuah produk untuk bergabung dalam sebuah komunitas, tentunya ada harus punya motor seperti yang mereka gunakan. Gak mungkin kan jika anda punya produk A tapi pengen gabung di komunitas B. Jadi membeli produk bukan lagi didasari oleh keinginan, tapi kedekatan emosional,” tambahnya.
Menurut Wahono, bagi orang yang gak punya produk A tapi ingin banget gabung di komunitas A dengan alasan karena orangnya asik-asik atau ada pacarnya atau apalah, sudah pasti toh dia akan beli produk A. Karena itu, SKN sangat menjaga agar kedekatan Emosional mereka semakin erat.
“Melalui merekalah produk kita banyak terjual karena merekomendasikan teman atau saudaranya. Kadang penjualan dari refrensi mereka lebih banyak ketimbang sales kita sendiri. Jadi menurut saya, Komunitas itu adalah segalaya.”
“Namun tetap, media juga menjadi bagian penting kita, termasuk Blogger,” pungkas Wahono.
Segitu aja dulu.. Untuk urusan Sosial Mesia akan saya ulas pada artikel selanjutnya “Komunitas Adalah Segalanya Part II”
setubuh eh setuju Bang..
komunitas seperti organisasi independen ato mungkin milis itu bisa menjadi jembatan untuk menyampaikan suatu produk ke masyarakat..
tanpa disadari, blogger juga bisa jadi “racun” yang efektif lho untuk meracuni masyarakat dengan suatu produk
racun yang baik tentunya 😉
hikhikhik.. asal jangan lama-lama berubah jadi racun beneran ajah..
keduax
wah gak punya komunitas nih
eh koboi itu ding, tp ga pernah kopdar
KoBOI kopdarnya kalo ada undangan dari ATPM ajah.. xixixixi. Ria sempet bilang, kalo mau kopdar atau buat event, hubungi aku yah..
*lampu hijau sudah menyala.. ngencengin DD-ring
Ria sama Intan itu sama nggak? Kerenan mana sama Yayuk Sentul eDDo?
Jelas Beda.. Kalo intan pake kawat gigi.. makanya Bro Andry kesemsem abisss.. Ngilu-ngilu gimana gitu, Andry said. 😀
Kalo Ria, lum berani ngomong.. lah liat mukanya aja belom.. :p
halah kumat maneh, gak di milis, gak di blog gak jauh dari mahluk halus 😀 qeqeqe……
karena kita suka yang halus-halus.. Padat Berisi Lezat Bergizi.. hikhikhikk
Pingback: Komunitas Adalah Segalanya Part II : “Blogger Masih Berpengaruh” « REBORNES
like this lah
thagkiyuu Om,,,
Pingback: Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen « REBORNES
kok ngomongin cewek malahan…hehehe…..
Biasalah Om Bro,. Kalo udah kesurupan, yah begini deh jadinya..